12 Orang Warga Lapas Banjar Positif Narkoba

JabarCeNNa.com, Banjar- Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis gandeng satuan Narkoba Polres Banjar gelar Razia Narkoba Di Lapar Kelas III Banjar jawa Barat, Kamis 7 Februari 2019.

Sebanyak 15 Personil BNN dan 10 Anggota Satuan Narkona Polres Banjar diturunkan dalam rajia tersebut. Mereka menggeledah satu persatu Kamar di Lapas Banjar dan di bantu petugas jaga di Lapas Tersebut. 

Kepala BNN AKBP Yaya Satyanagara, SH, yang didampingi Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Usep Supiyan usai razia mengatakan, Tujuan pengecekan dari BNN yakni untuk membersihkan narkoba dilingkunhan Lapas, karena sejauh ini belum ada lingkungan Lapas yang benar benar bersih dari narkoba. 

"BNN berusaha ingin mewujudkan lapas yang ada di wilayah masing masing itu bisa bersih dan steril dari penyalahgunaan dan pengedaran narkoba",Tegasnya

Menurutnya, BNN sejauh ini sudah memaksimalkan tugas untuk menekan angka peredaran narkoba. 

"Diluar lapas, kita berusaha menangkap pecandu Narkoba untuk di rehabilitasi, pengedar dan bahkan sampai dengan kurir kita berhentikan dan kita lacak darimana sumbernya dan ujung-ujungnya ada dalam lapas", Imbuh Yaya. 

Yaya menjelaskan, agenda BNN saat ini melaksanakan pengecekan di semua blok dari mulai Blok khusus narkoba sampai blok yang sudah mendekati masa keluar.

"hal itu dilakukan, karena BNN tidak menyimpan kepercayaan bahwasanya blok itu sudah bersih, Makanya kita cek semua blok dan setelah dilakukan tes urine, ditemukan ada beberapa warga binaan yang positif", jelasnya

Lebih lanjut Yaya menambahkan, dalam memberantas Narkoba, BNN mengajak seluruh jajaran untuk bekerjasama baik dari Kepolisian sampai dengan kemenkuham yang ada dalam lapas, bagaimana caranya para WBP tidak lagi menggunakan narkoba, karena itu tugas bersama.

"Dan kita buktikan lapas banjar benar-benar streril, Jika menemukan oknum yang terlibat kita serahkan kepada pihak yang berwenang", tambahnya

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas III Banjar, Agus wahyono, mengatakan Kegiatan seperti ini merupakan program dari lapas, dan memang lapas sedang mencanangkan program bersih bersih dalam lapas. 

Kita Bersama BNN terus berperang melawan Narkoba, dan juga membersihkan lapas dari barang barang yang dilarang"

Agus Mengaku, pihaknya bersama BNN sedang mewacanakan Lapas III Banjar menjadi lapas Bersinar (bersih dari Narkoba) dan juga menjadikan lapas Kelas III Banjar menjadi lapas percontohan dipriangan Timur. 

"saya berharap, Lapas kelas III Banjar bisa menjadi Lapas percontohan diwilayah Priangan Timur dengan menjadi lapas Bersinar (bersih dari narkoba)", Pungkasnya

Berdasarkan Informasi, dari hasil tes Urine di Blok b, dari 38 warga yang diperiksa ditemukan ada 10 warga yang positif, dan blok A dari 5 warga yang diperiksa ada 2 yang positif.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan, ditemukan Ada yang menyimpan uang sampai dengan 27 juta rupiah dan juga Ditemukan ada salah satu ruangan dengan fasilitas lengkap seperti televisi dan fasilitas cukup mewah dan juga di temukan beberapa Handphone, kabel kabel, Charger HP dan juga silet dan benda tajam lainya yang disimoan dibawah tempat tidur warga binaan.

.Ao