120 Anggota DPRD Prov Jabar Dilantik

DR.Dr. H. Herman Sutrisno MM Anggota DPRD Asal Kota Banjar beserta 120 orang lainnya resmi dilantik. foto.(ist)
JabarCeNNa.com, Bandung - Senin, 2 September 2019, sebanyak 120 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat hasil pileg serentak 2019, termasuk, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM yang merupakan mantan Wali kota Banjar dua periode dari Partai Golkar, resmi dilantik menjadi anghota DPRD Provinsi Jawa Barat masa jabatan 2019-2024. Pelantikan di laksanakan di gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin, (2/9/2019).

Dari pantauan di lapangan karena kapasitas gedung terbatas, sehingga akses masuk dibatasi, Namun, panitia telah menyediakan tenda dengan layar televisi di samping gedung, Jalan Sukarno, bagi tamu undangan yang tak bisa masuk gedung acara. 

Prosesi pelantikan diawali dengan rapat paripurna beragenda pengucapan sumpah janji anggota DPRD Jabar masa jabatan 2019-2024. 

Rapat dipimpin Ketua DPRD Jabar masa bakti 2014-2019, Ineu Purwadewi Sundari.

Dalam sambutannya ketua DPRD mengatakan, bahwa rapat paripurna ini digelar berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

"Pertama keputusan peresmian/pemberhentian anggota DPRD 2014-2019 dan peresmian/pengangkatan anggota DPRD 2019-2024", Ujarnya.

Dia berharap agar ada kerja sama yang baik selama ini dilanjutkan oleh anggota baru nanti untuk mewujudkan pembangunan di Jabar.

Rapat paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji yang diikuti 120 anggota DPRD baru. 

Proses pengucapan janji dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Sutio Jumagi. Usai pembacaan sumpah, sidang dilanjutkan dengan pengumuman pimpinan sementara DPRD Jabar. Politisi Partai Gerindra Taufik Hidayat didapuk jadi Ketua DPRD Jabar dan politisi dari PKS Tetep Abdul Latif menjabat sebagai wakil ketua sementara.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024 sendiri terdiri dari laki-laki 97 orang dan perempuan 23 orang. terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 25 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 21 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) 20 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) 16 kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) 12 kursi.

Kemudian Partai Demokrat 11 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi, Partai Nasional Demokrat 4 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.


.Ao