BLK Kuningan Cetak Generasi Kompeten dan Siap Kerja

Kepala UPTD BLK Kuningan, Agus Sustiawan. Foto : Ist
JabarCeNNa.com, Kuningan - Upaya dalam meningkatkan keahlian disegala bidang perlu adanya dukungan dan pasilitas yang memadai. 

Balai Latihan Kerja pada umumnya yang terdapat di beberapa Kota dan Kabupaten menjadi salah satu program bermanfaat yang disediakan oleh pemerintah. 

Mayoritas yang banyak mengikuti pelatihan kerja itu di isi oleh lulusan sekolah menengah, namun nyatanya banyak juga dari kalangan masyarakat yang mengikuti pelatihan di balai latihan kerja seperti halnya di UPTD BLK Kuningan yang berada di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan. 

Dikatakan Kepala Bagian UPTD BLK Kuningan, Agus Sustiawan, untuk tahun 2019 sendiri kita bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam pengembangan pelatihan kerja di UPTD BLK Kuningan. 

Para Peserta saat mengikuti pelatihan di BLK Kuningan, Rabu (6/11/2019)
Adapun bentuk pelatihan yang di adakan di BLK Kuningan diantaranya Pelatihan Desain grafis, Pelatihan Perakitan Komputer teknik jurusan CCPOA (Basic Office Komputer), Pelatihan Kejuruan Otomotip dengan Teknik Sepeda Motor, Kejuroan Teknologi Mekanik, Kejuruan Las (SMAW 1G), Kejuruan Listrik dalam kontek pemasangan listrik bangunan sederhana, pemasangan listrik industri, Kejuruan Menjahit (Pakian Dasar Menjahit), Kejuruan Pertanian pengolahan hasil pertanian dalam istilah tata boga, Kejuruan Aneka Kejuruan, Melatih Tata Rias rambut, Kejuruan Bangunan (Sub Kejuruan Cabinet Making), papar Agus saat ditemui jabarcenna.com, Rabu (6/11/2019)

"Pelatihan ini dilakukan secara gratis mengingat BLK Kuningan menyediakan anggaran untuk pelatihan yang tadi disebutkan dengan melalui anggaran APBN,"kata Agus 

Sesuai data yang ada, BLK Kuningan di tahun 2019 telah menampung 880 peserta pelatihan. 

"dari 55 Paket yang ada, per-paket itu kuotanya diisi sebanyak 16 peserta jadi kalau diakumulasikan dalam satu tahun sekarang ini mencapai 880 peserta" ucap Agus 

Sekarang menjelang akhir tahun, sehingga proses pelatihan di BLK Kuningan mencapai tahap akhir. Pada kegiatan ini ketika para pelatihan sudah mencapai tahap akhir akan mendapatkan dua sertifikat. yang pertama, sertifikat pelatihan kerja yang dikeluarkan dari BLK Kuningan, dan yang Kedua, Sertifikat Uni Kompetensi Profesi dari lembaga BNSP Bandung bagi yang lulus, Terangnya 

Untuk penyerapan bagi para peserta yang telah mengikuti pelatihan di UPTD BLK Kuningan pihak kita juga telah bekerjasama dengan PT Darma Polimetal sebuah perusahaan Cikarang yang bergerak dalam bidang kendaraan roda dua dan empat dimana nantinya para lulusan BLK dalam pelatihan Teknik Las dan Otomotip bisa diserap langsung di Perusahatan tersebut. 

Agus berharap dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan di UPTD BLK Kuningan, para peserta bisa mempunyai keahlian dan bisa di terima dibeberapa perusahaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan tidak hanya itu para peserta juga bisa mengaplikasikan keahliannya dengan membuka usaha mandiri. 

.Iwan