Peringati Hari Pelanggan Nasional PT.Telkom Gelar Sosialisasi Digitalisasi Ekosistem Pariwisata bersama penggerak Wisata di Sukabumi


JABARCENNA.COM | SUKABUMI ,- PT Telkom Tbk Indonesia adakan acara sosialisasi dengan format ngobras dalam rangka mendigitalisasi Ekosistem Pariwisata bersama dengan komunitas penggerak wisata di sukabumi dan juga dalam rangka memperingati hari pelanggan Nasional, Sabtu (4/9/2021).

GM Hospitality Busines Service (HBS) Dedy mengatakan, ini adalah salah satu kegiatan yang sangat nyata dengan komunitas dan stik holder juga di wilayah Desa Cisande, kita sudah melakukan pelatihan ada 17 tenaga Masata yang nantinya akan menjalankan didesa ini, jadi temen-temen akan membantu semua pemilik Homestay dan UMKM ataupun atraksi yang kita digitalkan nanti ini menjadi cikal bakal akan mengembang sampai ke Sukabumi semuanya, nah ini yang kami dampingi dan akan kita coba menjadi contoh untuk yang di Masata ataupun Desa- Desa lainnya.

Programnya itu ada Dua, yang pertama itu kita coba implementasi JP. Hup, Jaringan Pariwisata Hup yang nama Aplikasinya adalah wonderin.id itu untuk ekosistem wisata, yang kedua ada untuk UMKM itu ada dua Aplikasinya yang ke satu namanya SooltanNet sama Sooltan Kasir sama Sooltan Toko itu untuk kebutuhannya, ini Aplikasi yang coba kita jalankan.

Sama satu lagi Padi UMKM yang nanti dua Aplikasi itu membantu semua komunitas UMKM itu akan dibawa kedigital sehingga bisa terjadi Transaksi. Ungkap Dedy


Harapannya saya ingin dengan Temen-temen Masata membuat satu Peloting disini bukan cuma IVEN saja,bukan cuma pelatihan tapi sudah ada Transaksionalnya Temen-temen bisa belanja langsung, sehingga efeknya langsung kena ke pelaku-pelaku usaha.

Syaifudin selaku EVP Divisi Business Service menambahkan, hari ini kita bareng-bareng antara semua Stikholder yang ada di desa ini,tadi ada pak Kades Cisande ibu-ibu yang punya usaha UMKM dan Homestay dan tentu juga dengan Temen-temen Masata kita disini untuk sama-sama diskusi kemudian kemarin sudah dilakukan pelatihan-pelatihan bagaimana UMKM disini, bagaimana punya Homestay dan yang punya usaha untuk memanfatkan momentum digital ini menumbuhkan usahanya terutama dipelaku industri kreatif pariwisata.

Telkom hadir karena punya plafon digital yang bisa membantu UMKM ini bagaimana ber transformasi GO modern dan digital Go Online

Lanjut Syaifudin, tentu ini bukan sekali ini kami tentu juga tidak bisa sendiri maka kami berdampingan dengan Temen-temen Masata bersama masyarakat, pemerintah disini untuk sama-sama menumbuhkan, mentransformasi masyarakat khususnya di industri pariwisata untuk bagaimana naik kelas dari Go modern ke Go online sehingga menumbuhkan ekonomi kreatif disini.

Ketua Umum Masata Panca Rudolph Sarugu mengapresiasi sekali kengiatan ini dan hari ini bersama-sama dengan Telkom Indonesia. TBK hadir di sukabumi khususnya di Desa Cisande dalam rangkaian acara Anugrah Desa Wisata, Alhamdulillah Desa Cisande disini mendapatkan Anugrah 50 besar dari 1831 Desa wisata seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian itu memang kami di DPP Masata bersama DPC Masata Sukabumi Raya bekerjasama dengan PT. Telkom pada hari ini untuk mendigitalisasi ekosistem Pariwisata di Indonesia.

Kami berterima kasih kepada PT. Telkom Indonesia membuat satu kegiatan mempersentasikan, mendirikan pelanggan jadi tidak hanya pelanggan besar atau pelanggan korporasi tapi Telkom juga Ker terhadap pelanggan-pelanggan yang smail medium interprese atau UMKM, yang ini tentu jumlahnya sangat besar sekali menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia jadi kami sangat mengapresiasi sekali. Pungkasnya

./Suhendi