Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 Tingkat Kota Sukabumi



JABARCENNA.COM | SUKABUMI,- Bertempat di Balaikota Sukabumi Jl. R. Syamsudin, SH No. 25 Kota Sukabumi telah dilaksanakan upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021 tingkat kota Sukabumi (Rabu,10/11/2021)

Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letnan Kolonel Infanteri Danang Prasetyo Wibowo,M.I.Pol Mengikuti Kegiatan Upacara Hari Pahlawan Tingkat Kota Sukabumi.

Selaku inspektur Upacara H. Andri Hamami (Wakil Walikota Sukabumi), Komandan Upacara Kapten Inf Dadang Hasbillah (Danramil 0607-05/Sukabumi), Perwira Upacara Lettu Arm Masdjidi Nuzululrochim (Pasi Pers Kodim 0607/Kota Sukabumi).


Peserta upacara 1 Regu Kodim 0607/Kota Sukabumi,1 Regu Yonif 310/KK,1 Regu Yon Armed 13/Nanggala,1 Regu Polres Sukabumi Kota,1 Regu ASN Pemkot Sukabumi,1 Regu Satpol-PP Kota Sukabumi,1 Regu Dishub Kota Sukabumi dan1 Regu BPBD Kota Sukabumi.

Amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara

Tema Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”. Bagaimanakah membangunkan generasi muda untuk selalu ingat dan terinspirasi dengan perjuangan para Pahlawan Indonesia.

Hal ini untuk memperingati Hari Pahlawan setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahun. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak pernah terlepas dari para Pahlawan yang berjuang untuk memerdekaan bangsa. Banyak sekali para pahlawan yang memiliki perjuangan baik membuka cakrawala berfikir untuk merdeka, berperang untuk merebut kemerdekaan, berperang untuk menyatukan bangsa maupun berjuang untuk mengisi kemerdekaan.

Setiap tahun Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November memiliki ciri khas. Adapun ciri khas yang mengobarkan semangat dan menghormati kepahlawanan dituangkan dalam sebuah Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2021 sehingga memiliki rasa kebersamaan dan kemeriahan nasional.

Pedoman Peringatan Hari Pahlawan dari Kemensos menegaskan bahwa Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 yaitu “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”;

Kegiatan upacara juga dihadiri oleh H. Achmad Fahmi (Walikota Sukabumi), AKBP SY Zainal Abidin (Kapolres Sukabumi Kota),Bpk. Dida Sembada (Sekda Kota Sukabumi), H. Kemal Suherman (Ketua DPRD Kota Sukabumi),Bpk. Taufan, SH, MH (Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi), Bpk. Rahmat (Kabag Tapem), Novian (Kepala ULP), Hj. Rani (Kepala perpus)


Setelah Upacara selesai ada Penyerahan kadeudeuh kepada perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan RI dari Pemda dan dari Kodim 0607/ Kota Sukabumi.(Pendim 0607)

./Suhendi