Pemdes Sukajadi gelar Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Tanggap Bencana


JABARCENNA.COM | CIAMIS,- Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Tanggap Bencana.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Balai Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (08/12/2021).


Acara Pembinaan, dan Pelatihan Tanggap Bencana, sendiri diikuti oleh sebanyak 40 orang peserta, yang terdiri dari Kepala Dusun, Anggota BPD, Linmas, Karang Taruna, dan Banser.

Kepala Desa Sukajadi, Haiz Azka, mengungkapkan bahwa  kegiatan Pembinaan, dan Pelatihan Tanggap Bencana ini bertujuan untuk melatih para Kepala Dusun, Anggota BPD, Linmas, Karang Taruna, dan Banser, sebagai relawan dalam kesiapsiagaan bencana.

Haiz Azka berharap, dengan kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Tanggap Bencana ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas relawan, dalam melaksanakan penindakan bencana.

“Kami menghadirkan narasumber pada kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Tanggap Bencana ini berasal dari Petugas Damkar POS WMK Banjarsari, dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Ciamis,"tegas Haiz Azka.

Sementara itu, Kasubag Umum Kecamatan Pamarican, Saepudin, S.Ip., yang dalam hal ini mewakili Camat Pamarican, menghimbau kepada para Relawan Desa Sukajadi, untuk selalu tanggap ketika menghadapi bencana, serta dapat membantu korban dengan ikhlas. 

"Relawan Bencana Desa, harus memahami mitigasi bencana. Sebab, bencana tidak hanya muncul karena faktor alam saja. Tetapi juga bencana non alam, dan bencana sosial. Serta dalam penanganannya merupakan tanggung jawab bersama,"pesan Saepudin.tema