Program P3-TGAI di Desa Maniskidul Bangkitkan Semangat Petani


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,– Program Peningkatan Percepatan Pembangunan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan berbagai kemudahan kepada para petani, salah satunya Program P3A Mitra Cai sehingga para petani memiliki akses ke sumber air yang dialirkan melalui saluran irigasi.

Para petani yang tergabung di dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Tirta Wulan 1 di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan menyambut dengan antusias program P3-TGAI dari Kementerian PUPR itu, program tersebut, dapat meningkatkan mutu jaringan irigasi di wilayah masing masing.


Begitu pun Pembangunan jaringan irigasi yang dilaksanakan secara swakelola dengan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 195.000.000 Sampai saat ini pembangunan sedang dikerjakan.

Ketua P3A Keno saat di konfirmasi awak media, ia mengatakan, “Proyek tersebut dilaksanakan secara swakelola jadi untuk mengerjakannya dengan sepenuh hati disertai niat dan tekad untuk pengabdian pada masyarakat. Proyek irigasi ini oleh petani untuk petani. Para petani juga bertekad untuk membuat jaringan irigasi yang kuat dan kokoh karena hasilnya untuk mereka. Dalam mengerjakan proyek irigasi kami selaku ketua sekaligus pelaksana selalu memperhatikan bimbingan, arahan, dan petunjuk dari Tim Pendamping Masyarakat (TPM) dari Kementerian PUPR dan Kepala Desa Maniskidul agar hasil pekerjaan sesuai dengan pedoman umum, juklak, dan juknisnya,” jelasnya.

Keno menambahkan, kami haturkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan keadaan para petani di wilayah Desa Maniskidul dengan adanya perbaikan irigasi ini, tentunya pengairan disektor pertanian mudah-mudahan menjadi lancar dan saluran pengairan tertata rapih.

Karena memang program P3-TGAI untuk peningkatan irigasi di pesawahan berasal dari Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Kementrian PUPR RI. Dia yakin program ini dapat meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas para petani. Diharapkan perbaikan irigasi ini dapat meningkatkan produksi hasil pertanian di Desa Maniskidul sangat berterima kasih terhadap Balai Besar wilayah sungai Citarum. (Angga)