Jemaah Haji Asal Kabupaten Kuningan Telah Seluruhnya Diberangkatkan


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,-Upacara Pelepasan Jemaah Haji Kloter 42 Kabupaten Kuningan berjalan lancar. Penyelenggaraan Upacara Pelepasan tersebut berlokasi di Pendapa Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan pukul 20.00 WIB pada Kamis, 30 Juni 2022.

Berdasarkan laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rahmat Yanuar selaku ketua Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji yang disampaikan ketika upacara pemberangkatan bahwa jumlah Jemaah Haji kloter 42 sebanyak 52 orang.

“Jumlah jemaah asal Kabupaten Kuningan seluruhnya sebanyak 456 orang. Pertama, kloter 9 dengan jumlah 404 jemaah dan 6 petugas, dan informasi terkini dari petugas kloter 9 bahwa jemaah kondisi dalam keadaan sehat wal afiat. Adapun Kloter 42 sebanyak 52 orang yang terdiri dari 25 jemaah laki-laki dan 27 jemaah perempuan”, jelasnya.

Jemaah Haji Kloter 42, lanjutnya, telah melaksanakan PCR Covid-19 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dengan hasil seluruhnya negatif. Jemaah Haji Kabupaten Kuningan kali ini akan bergabung dengan Indramayu, Bandung, Bekasi dan Majalengka.

Prosesi Upacara Pelepasan Jemaah Haji Kloter 42 dihadiri oleh Bupati Kuningan, Forkopimda, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Agama, Wakil DPRD, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Wakil Ketua MUI, Pimpinan SKPD, Ketua Baznas, Ketua IPHI, Ketua KBIHU, dan segenap Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH).

Resmi Diberangkatkan

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, H. Mujayin secara resmi melepas keberangkatan Jemaah Haji Kloter 42 Kabupaten Kuningan dengan jumlah 52 jemaah menuju Embarkasi Bekasi. Titik keberangkatan jemaah berada di Pendapa Pemerintah Daerah Kuningan tepat pada pukul 21.00 WIB pada Kamis, 30 Juni 2022.

H. Acep Purnama menyampaikan selamat menjalankan ibadah haji kepada para jemaah, “Kami sampaikan selamat diiringi doa semoga perjalanan suci bapak ibu sekalian sebagai jemaah senantiasa mendapat kelancaran dalam keberangkatan, kelancaran nikmat dalam beribadah dan bisa kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur mabruroh”, ucapnya.

Demikian juga, lanjutnya, bapak ibu sekalian mendoakan kami semua masyarakat Kabupaten Kuningan semoga kabupaten Kuningan selalu diberkahi, dirahmati oleh Allah dan terhindar dari segala bencana, serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Pemberangkatan Kloter 42 menggunakan 1 unit armada bus diiringi dengan 1 unit patwal, 1 unit ambulan dan 4 unit mobil petugas. Kondisi armada bus telah diperiksa oleh panitia dengan kondisi baik dan prima. Awak bus juga telah mengikuti tes kesehatan dan pemerikasaan urin dengan hasil negatif. Jemaah mulai diberangkatkan pada pukul 21.00 WIB dan transit di Rumah Makan Taman Selera Kilometer 1308 dan diperkirakan pukul 23.00. Kemudian akan melanjutkan perjalanan lagi pada pukul 24.00 WIB dan akan tiba di Embarkasi Bekasi pada Jumat, 1 Juli 2022 Pukul 02.00 WIB.

Selanjutnya, Jemaah Haji Kloter 42 nantinya akan berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 14.25 dan take off pada pukul 18.25 WIB dengan nomor penerbangan SV5223. Kedepan, Jemaah Haji Kloter 42 akan kembali lagi di Tanah Air pada Kamis, 11 Agustus 2022 dengan nomor penerbangan SV5646.

Akhir kata, Bupati Kuningan menghimbau agar Jemaah mematuhi peraturan dan instruksi di tanah suci, “Insyaallah bapak ibu sekalian sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Hati yang ikhlas, pikiran yg jernih dan juga fisik. Di sana kita akan berada di negara yg berbeda dari berbagai hal. Oleh karena itu, kami menghimbau agar bapak ibu sekalian untuk ikuti peraturan yg ada di sana, ikuti pula instruksi dari ketua rombongan, jangan sampai terpisah, di sana ada panitia dan pembimbing dari Kemenag dan panitia lainnya dari Indonesia”, himbaunya.

Dengan demikian, seluruh Jemaah Haji Kabupaten Kuningan dengan jumlah 456 jemaah telah seluruhnya diberangkatkan ./Wn