Wawalikota Banjar Ikut Panen Buah Melon


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd.,M.H., melakukan Panen Perdana buah Melon di kebun milik Bapak Solichin yang berada di RT 12 RW 05 Dusun Randegan 1 Desa Raharja Kecamatan Purwaharja. Rabu (24/08/2022).

Menurut Bapak Solichin, beliau membudidayakan buah melon di lahan seluas 150 meter persegi sebanyak 400 batang dengan tiga jenis yang berbeda yaitu : Jenis Pratiwi, Red Aroma (Rock Melon) sertaMy Love.

"Dari mulai tanam sampai sampai panen membutuhkan waktu dua setengah bulan dengan estimasi Jumlah panen sebanyak 6 kwintal." Jelasnya.


Bapak Solichin mengatakan, Budidaya buah melon ini masih terkendalan ketersedian pupuk dan obat-obatan. Menurutnya ada beberapa jenis obat yang belum tersedia di Kota Banjar.

"Untuk pemasaran sendiri baru bisa memenuhi permintaan Warga sekitar serta pasar Banjar. " Pungkasnya.

Sementara itu, Wakil wali kota sangat mengapresiasi budidaya buah melon yang ada di lokasi tersebut. Ini dapat dijadikan percontohan bagai petani lain di Kota Banjar dalam pemanfaatan lahan.

"Ini dapat dijadikan percontohan dalam budidaya melon di Kota Banjar, dengan lahan yang tidak begitu luas, jika dikembangkan dengan baik maka hasilnyapun akan sangat memuaskan. " Jelasnya.

Wakil wali kota berharap, pengembangan budidaya buah melon ini semakin dikembangkan di Kota Banjar. Jika dilakukan dengan serius ini terbukti menghasilkan profit yang cukup besar.

"Untuk pasar sendiri terbuka luas mulai pasar tradisional hingga pasar modern di dalam dan luar Kota Banjar. Kedepan, Perangkat daerah terkait diharapkan dapat memberikan bantuan seperti pengadaan pupuk serta obat-obatan. " Pungkas wakil wali kota.tema