Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil



JABARCENNA.COM | KUNINGAN,-  Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi teladan di lingkungannya serta mampu meningkatkan pelayanan terbaik bagi kepentingan masyarakat yang dilakukan secara profesional sesuai kompetensi atau keahlian masing-masing.

Demikian diungkapkan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, saat memberikan pembekalan dihadapan sebanyak 60 peserta pelatihan dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan III dan IV yang bertugas di lingkungan Pemkab Kuningan, bertempat di Aula Graha Sajati Badan Kepegawaian Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kuningan, Senin (26/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Drs H Abdul Rojak, bertindak sebagai moderator dalam pelatihan dasar hingga kegiatan berakhir.

“Bagaimana caranya kita menjadi ASN yang Profesional, minimal ada 10 cara yang perlu dilakukan. Diantaranya, memiliki sikap positif terhadap pekerjaan yaitu jangan banyak mengeluh atas pekerjaan anda, Love What You Do, Do What You Love. Mahir dalam bidang studi, kalau anda lulusan ilmu komputer, terus perdalam ilmu tersebut, ikuti perkembangan zaman, karena ilmu itu dinamis,” tutur H Dian.

Selain itu, memiliki kemampuan communication skills (lisan/tulisan) tentu dengan belajar berbahasa formal yang baik, serta belajar cara berkomunikasi dengan berbagai kalangan. Tak ketinggalan pentingnya interpersonal skills, ini merupakan suatu seni yang hanya bisa diperoleh melalui pengalaman dan keinginan kita untuk belajar. Termasuk harus memiliki percaya diri, hal itu penting untuk dilakukan namun jangan berlebihan. Perlu berpikir kritis dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah, hal ini perlu anda kembangkan dengan banyak mengamati bagaimana orang-orang di sekitar kita dalam menyelesaikan masalah, ambil yang baik-baiknya saja

Oleh sebab itu, ASN harus bersedia ditempatkan dimana saja, baik melaksanakan pekerjaan di lapangan atau pekerjaan di belakang meja, semuanya harus dikuasai. Bisa memotivasi diri, penting untuk menjaga profesionalisme kita dalam bekerja supaya dapat berkinerja tinggi. Memiliki leadership, kepemimpinan akan terlihat bagi orang-orang yang senang berorganisasi.

“Coba mulai sekarang ikut organisasi apapun, disana kita dapat mengembangkan diri dan akan memperoleh ilmu tentang kepemimpinan maupun lainnya,” ungkap H Dian. /Wn