Geger, Kades di Demo Gara Gara Nikah sirih


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Terbongkar menikah siri, Kepala Desa Cibinuang, KA, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, terancam diturunkan paksa oleh warga. Ketua RT 016/RW 001 Dusun Manis Desa Cibinuang, Eman Sudiaman membenarkan hal itu. Warga bahkan sudah aksi protes ke balai desa 2 kali. Terakhir terjadi Minggu (04/09/2022).

“Semalam kita kumpul lagi di desa, meminta kejelasan BPD, tapi hasilnya belum ada kepastian,” beber Eman

Awal warga mengetahui kepala desa nikah siri, berawal dari postingan sang kepala desa di akun Instagram dengan seorang wanita. Postingan itu, dilihat para pemuda desa, Agustus 2022.

Kabar itupun menyebar pesat, membuat resah warga desa. Warga menilai, perbuatan kepala desa sudah mencemarkan nama baik desa. Apalagi 5 Agustus 2022, dihadapan warga, kepala desa sudah membenarkan telah menikah siri lagi atas persetujuan istri sah. Kepala desa juga beralasan pernikahan sirinya, adalah urusan pribadi, bukan kedinasan, juga tidak merugikan orang lain.

“Tapi bagi kami, tindakan kepala desa sudah mencoreng nama baik Desa Cib,” tandas Eman

Atas dasar itu, pada pertemuan kedua semalam, warga menuntut agar kepala desa mengundurkan diri. Apalagi mengingat setelah dilakukan penelusuran, ternyata istri sahnya tidak pernah memberikan ijin untuk suaminya menikah lagi.

“BPD meminta waktu ke kita 2 hari. Rabu lusa berarti kita akan datang lagi ke desa, memastikan jawabannya seperti apa. Kalau masih tidak mengundurkan diri, kita akan segel ruangan kantor kepala desa,” ancam dia
Eman mengaku telah memegang Salinan pernyataan dari istri sah kepala desa. Juga memegang berkas petisi dari warga, terutama warga dusun manis meminta kepala desa mengundurkan diri dengan hormat, sebelum ada tuntutan dari masyarakat untuk turun secara tidak hormat./Suradi