Desa Sukaraja Kecamatan Ciawi Bangga dapat Program TPS 3R


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Pemerintah desa melalui sekretaris desa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah membantu masyarakat desa Sukaraja untuk penanganan sampah di daerahnya.

Melalui program TPS 3 R , pemerintah desa bersama masyarakat telah banyak mendapat manfaat baik dari penataan lingkungan yang bersih juga secara ekonomi mendapat penghasilan tambahan dari olahan sampah non organik.

"Program ini mudah mudahan berkesinambungan dan berkelanjutan, karena banyak sekali manfaatnya, terutama dari olahan sampah organik yang bisa di buat pupuk untuk petani di desa kami " ujar Ulis Uju Juharna pada media ini Jumat (14 /10/2022).

Uju juga menjelaskan, selain olahan untuk pupuk, sampah anorganik juga akan dimanfaatkan untuk pembuatan paving blok, namun itu akan lihat dulu dari kapasitas mesin, apakah memungkinkan atau tidak.

Tapi yang jelas kelompok pengelola sudah mendapat pelatihan untuk itu.

Selain ucapan terimakasih kepada pemerintah, Uju juga berharap kepada KSM yang mengelola sampah agar menjaga dan merawat tempat sampah dan sarana yang telah di bantu pemerintah , karena kalau bukan kita siapa lagi, apalagi desa Sukaraja adalah desa bebas buang air besar. (ODF).