Jalan Angsana-Gunungkelir Longsor, Akses Jalan Desa Tertutup


CIAMIS | JABARCENNA.COM,- Tanah longsor terjadi di Bahu Jalan Penghubung Kabupaten, tepatnya di Jalan Angsana - Gunungkelir, Dusun Legokmenol, RT 23, RW 07, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jum'at (07/10/2022) sekitar pukul 24.00 WIB.

Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa dalam kejadian tersebut, bencana longsor menutup akses Jalan Desa, yang ada di wilayah tersebut.

"Awal mulanya terjadi hujan lebat pada siang hingga dini hari, yang mengakibatkan Tanah sisi Jalan Kabupaten longsor, sehingga material longsoran menutupi akses Jalan Desa, yang ada di wilayah tersebut"ungkap Tahrir Nurbari, Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, usai meninjau lokasi longsor, pada Sabtu (08/10/2022).

Lanjut Tahrir, selain material longsoran menutupi akses Jalan Desa, bencana tersebut juga menyebabkan sebuah gerasi mobil milik Ecep, hancur terbawa longsor.

Tahrir, mengatakan untuk membuka akses Jalan Desa, warga masyarakat dibantu Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Babinsa, Babinmas, Relawan Tagana, dan Petugas UPTD PUPR wilayah Pamarican, bergotong royong membersihkan material longsoran, guna membuka akses Jalan Desa, yang tertutup.

"Upaya penanggulangan selain melakukan pembersihan material longsoran, Pemerintah Desa Sidamulih, juga berkoordinasi dengan Dinas Instansi terkait, di Tingkat Kabupaten Ciamis, guna penanganan lebih lanjut"jelas Tahrir

Tahrir, mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah Pegunungan agar selalu waspada terhadap ancaman bencana alam, terutama tanah longsor. Pasalnya saat ini, intensitas hujan sangat tinggi. Imbuhnya./Tema