600 Tutor PAUD Se-Kota Banjar Hadir Diacara HUT Himpaudi ke-17


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Banjar merayakan Ulangtahun yang ke 17 di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar, Senin (31/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 600 orang Tutor PAUD Kota Banjar dengan dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, Ketua DWP Kota Banjar, Perwakilan TP PKK Kota Banjar serta Ketua HIMPAUDI Kota Banjar dengan mengusung tema 'Dalam Usia 17 Tahun HIMPAUDI Berupaya Meningkatkan Kualitas SDM Menuju Guru Profesional, Mandiri, Inovatif Menuju Era Digital'.


Dalam kesempatan tersebut diserahkan Penghargaan Kepada Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si, juga sebagai Bunda PAUD Kota Banjar atas kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung program Bergerak bersama menuju PAUD berkualitas dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Wali Kota Banjar mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-17 Himpaudi Kota Banjar. Menurutnya, tugas berat diemban oleh seorang tutor PAUD. Tugas guru PAUD bukan hanya mengajar tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan, juga belajar anak.

" Untuk dapat berperan sebagai fasilitator tentunya guru PAUD harus memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar. Belajar terjadi karena ada proses yaitu interaksi antara individu dengan lingkungan. interaksi dengan lingkungan menimbulkan pengalaman, sedangkan hasil yang dicapai setelah belajar adalah prilaku yang meliputi pengetahuan sikap dan keterampilan, " ucap Wali Kota Banjar.


Wali Kota Banjar menambahkan, "Masa Golden Age merupakan saat yang penting dalam masa tumbuh kembang anak. Untuk itu diperlukan seorang guru yang dapat mengemban tugas berat untuk dapat mencetak generasi muda yang berkepribadian, " imbuhnya.

Berdasar data, Angka Partisipasi Kasar anak Nasional Mencapai 41,28%, tingkat Jawa Barat sebesar 36,28% sedangkan Angka Partisiapsi Kasar Kota Banjar sebesar 72.45%. Angka Partisipasi Kasar (APK) adalah proporsi anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok umur yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut.

"Hal ini menandakan di Kota Banjar persentase jumlah anak usia dini yang belajar di Pendidikan PAUD sangat tinggi. Semoga dengan hadirnya tutor PAUD Kota Banjar yang berkualitas akan menghasilkan bibit-bibit SDM yang unggul, " pungkasnya.

Apresiasi yang sama disampaikan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan H.Kaswad, berkat kegiatan yang diselenggarakan ulangtahun HIMPAUDI yang ke 17.

Di mana di usia ke 17 ini HIMPAUDI Kota Banjar menoreh prestasi yang luar biasa, atas kinerja dan dedikasi para guru PAUD.

" Banjar angka partisipasi kasar PAUD tahun 2020 - 2021 tertinggi di Jawa Barat, yaitu 72,45 %. Ini merupakan dedikasi dari semuanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Banjar khususnya HIMPAUDI. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Ketua HIMPAUDI, para tutor, yang sudah menorehkan prestasi yang luar biasa, " ucapnya.

Dari data Lembaga PAUD di Kota Banjar terdiri dari TK 30 Lembaga dan 170 PAUD, seluruhnya ada 200 Lembaga. Guru TK ASN 37,non ASN 84 orang, sedangkan Guru PAUD 644 non ASN, dan dari seluruhnya yang sudah mendapatkan insentif sebanyak 712 orang.

" Kunci suksesnya pendidikan adalah di PAUD. Target kita yaitu meningkatkan angka partisipasi kasar. Dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus diimbangi peningkatan SDM, untuk tahun 2023 ada rencana 50 guru PAUD akan mendapatkan bantuan beasiswa S1, " pungkasnya.tema