Tim Humas Lapas Ciamis Lakukan Bench Learning Kehumasan Ke Lapas Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Tertarik dengan raihan prestasi Lapas Banjar di bidang kehumasan, Lapas Ciamis menugaskan Tim Humasnya untuk Bench learning Bidang Kehumasan di Lapas Banjar, Selasa (8/11).

Kaur Kepegawaian Lapas Ciamis, Indri menuturkan bahwa Bench learning kami laksanakan sebagai saling belajar dan tukar pengalaman khususnya di bidang kehumasan. “Kami laksanakan kegiatan ini, untuk meningkatkan kompetensi pegawai Lapas Ciamis khususnya dalam pengelolaan informasi melalui tugas kehumasan,” tutur Indri.

Lebih Lanjut Kaur Umum Lapas Ciamis, Sri mengungkapkan bahwa Tim Humas Lapas Ciamis tertarik untuk memperoleh informasi dan pengalaman melalui Bench learning terkait pemberitaan dan kehumasan dari Tim Humas Lapas Banjar.

“Dipilihnya Lapas Banjar sebagai tempat Bench learning Bidang Kehumasan sehubungan dengan Produktifnya Humas Lapas Banjar dan raihan berbagai prestasi diantaranya penghargaan peringkat ke-3 dalam TOP 8 UPT serta berperan aktif dan berpartisipasi dalam program Apa Kabar Pemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI,” terang Sri.

Kasubag Tata Usaha, Endis dalam sambutannya bahwa keterbukaan Informasi Publik ini sudah menjadi kewajiban bagi seluruh instansi pemerintah, sehingga perlu pengelolaan informasi yang baik yakni melalui fungsi kehumasan.

“Pada dasarnya seluruh pegawai Lapas Banjar adalah Tim Humas yang memang mereka memiliki keharusan untuk memberikan informasi positif kepada masyarakat tentang instansi tempat bekerjanya,” terang Endis.

Di Lapas Banjar telah dibentuk Tim Humas inti yang telah ditugaskan dalam pengelolaan informasi dan fungsi – fungsi kehumasan. Adapun prestasi yang telah diraih Lapas Banjar di tingkat pusat, itu merupakan apresiasi dari pimpinan atas kinerja dan produktifitas yang dilakukan Tim Humas. Seluruh Tim Humas di setiap UPT sudah berkinerja dengan baik, namun mungkin keberkahan pada Tim Humas Lapas Banjar memperoleh penghargaan sebagai peringkat ke-3 dalam TOP 8 UPT serta berperan aktif dan berpartisipasi dalam program Apa Kabar Pemasyarakatan ini.

Materi Benchlearning pertama disampaikan oleh Tim Humas Lapas Banjar Lulu Nuryani, menyampaikan pengalaman dalam berbagai tugas kehumasan dan pentingnya Public Relation dalam membantu organisasi agar selalu memiliki hubungan harmonis dengan berbagai publiknya melalui kegiatan komunikasi. Hal lainnya bahwa humas selalu aktif dan produktif serta peka terhadap perkembangan informasi, sehingga setiap informasi sekecil apapun dapat menjadi produk pemberitaan.


Lebih Lanjut Kaur Umum Lapas Banjar dan juga sebagai Director Tim Humas Lapas Banjar menjelaskan tentang profil dan strategi kehumasan. Adapun hal yang disampaikan antara lain Manajerial Tim Humas, program kerja kehumasan, penggunaan aplikasi, pengelolaan Bank Data Humas, perlengkapan kehumasan, Strategi Konten Berita, Strategi Konten Video serta raihan prestasi kinerja Tim Humas Lapas Banjar.

Lebih Lanjut Tim Humas Lapas Banjar memberikan gambaran langkah progresif dalam mengoptimalkan fungsi kehumasan melalui berbagai strategi antara lain Tim Inti harus mau mengembangkan kompetensinya, memperluas jaringan komunikasi kehumasan diantaranya bekerjasama dengan media eksternal, mengoptimalkan peralatan yang dimiliki, maksimalkan pembuatan dan penyebarluasan produk Press Release, attitude, serta pengembangan potensi diri yang dapat dilakukan secara mandiri sehingga dapat menambah pengetahuan dan kepercayaan diri.