Forkopimda Banjar Hadiri Panen Kacang Tanah di Lahan Perkebunan Koramil 1313/Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., dengan didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., bersama Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., serta Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo,S.I.K.,M.H., menghadiri kegiatan Panen Kacang Tanah yang bertempat di Lahan Perkebunan milik Koramil 1313/Banjar Linkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja, Jumat (10/02/2023).

Dilahan seluas 3000 meter ini, jajaran Koramil 1313/Banjar menanam Kacang tanah yang hasilnya dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Menurut Komandan Kodim 0613 Ciamis, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari jajaran Kodim 0613 Ciamis Khususnya Koramil 1313/Banjar dalam mendukung Program Pemerintah dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Wilayah Kota Banjar. Menurutnya, kegiatan ini terlaksana melalui kolaborasi antara Koramil Banjar dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar.

"Mari mulai dari yang kecil, menanam di lahan disekitar rumah kita. Kalau tidak sekarang, Kapan lagi. "Ucapnya.


Sementara itu, dalam sambutanya, Wali Kota Banjar mengapresiasi atas Pemanfaatan lahan disekitar Pos Koramil 1313/Banjar untuk ditanami Kacang tanah.

"Sejak dulu, kita mempunyai dua mimpi, pertama Anak-anak usia dini di Kota Banjar mendapat Pendidikan melalui PAUD, mimpi pertama telah terlaksana di Kota Banjar. Mimpi yang kedua penguatan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program ini sebagai upaya penguatan ketahanan Serta kemandirian Pangan di Kota Banjar. " Jelas wali Kota.


Lebih lanjut, Wali Kota mengatakan bahwa kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Kota Banjar dengan stake holder terjalin dan menjaga ketahanan pangan di Kota Banjar. DiKota Banjar terdapat 227 KWT dan 6000 anggota KWT. Jumalh ini belum maksimal guna menjaga ketahanan Pangan di Kota Banjar.

"Inilah salahsatu bentuk dukungan dari jajaran TNI untuk mendukung program tersebut. Bahan pangan diperlukan oleh stiap orang, setiap hari. Untuk itu, mari kita manfaatkan Lahan disekitar rumah kita baik ditanaman langsung maupun ditanam di polybag. Saya harap dukungan seluruh Forkopimcan untuk menjadikan halaman rumah menjadi KRPL. Mari menanam, memelihara dan memanen. " Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan santunan bagi anak yatim serta lansia dari wilayah hukum Koramil 1313/Banjar.tema