Bhabinkamtibmas Desa Rancakole Koordinasi Bersama Warga dan BPBD


PAMEUNGPEUK | JABARCENNA.COM,- Pasca kejadian bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Rancakole, Personel Polsek Pameungpeuk Polresta Bandung melaksanakan koordinasi dengan BPBD dan masyarakat. Koordinasi ini dilakukan sebagai upaya mencegah timbulnya korban jiwa akibat bencana alam.

Koordinasi tersebut dilaksanakan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Desa Rancakole Polsek Pameungpeuk Polresta Bandung bersama BPBD Kabupaten Bandung. Koordinasi ini juga melibatkan sejumlah warga Desa Rancakole Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung.

"Pasca kejadian bencana alam tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Kp. Sukasirna Rt.02 Rw.01, Polsek Pameungpeuk dengan Bhabinkamtibmas melakukan upaya pencegahan agar tidak menimbulkan korban jiwa saat kejadian bencana alam. Upaya yang kami lakukan dengan berkodinasi bersama warga dan BPBD, yaitu warga diminta agar selalu waspada curah hujan tinggi terlebih daerah atau struktur tanah yang rawan longsor," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, SH., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Pameungpeuk Kompol Imron Rosyadi, S.Ag., Kamis (30/3/2023).

Kapolsek Pameungpeuk Polresta Bandung Kompol Imron Rosyadi menuturkan kejadian bencana alam tidak dapat diprediksi, namun masyarakat diminta untuk tetap selalu waspada. Terutama ketika saat hujan deras datang melanda.

"Bagi warga yang rumahnya didekat tebing atau lokasi rawan longsor agar selalu waspada terlebih saat terjadi hujan diminta untuk melakukan evakuasi ke lokasi atau rumah keluarga dan tetangga yang aman guna mencegah timbulnya korban jiwa ketika terjadi bencana alam tanah longsor," kata Kompol Imron Rosyadi.

Sebelumnya, bencana alam tanah longsor di wilayah Desa Rancakole. Tepatnya di Kp. Sukasirna Rt.02 Rw.01, Desa Rancakole, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 27 Maret 2023. Akibatnya salah satu rumah warga tergerus air./Tema