Yayasan Gilang Sunda Nagari Dilalap Si Jago Merah


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Yayasan Gilang Sunda Nagari yang terletak di RT 50 RW 13 Dusun Ciaren Desa Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar, luluh lantak dilahap si jago merah sekira pukul 11.30 WIB, Kamis (30/3/2023).

Hanya dalam bilangan menit, bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut habis, meskipun dua mobil pemadam kebakaran berusaha untuk memadamkan api.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kota Banjar Kusnadi, pihaknya langsung menuju lokasi begitu mendapatkan laporan dari warga bahwa terjadi kebakaran di Yayasan Gilang Sunda Nagari Balokang.

"Semuanya habis terbakar tanpa sisa. Bangunan tersebut material-materialnya memang dari bahan yang mudah terbakar. Jadi hanya dalam waktu sepuluh menit saja, bangunan Yayasan sudah habis terbakar, " ucapnya.

Kebakaran yang menghancurkan bangunan Yayasan yang bergerak di bidang seni dan budaya tersebut, masih belum diketahui penyebabnya.

"Penyebabnya masih kita selidiki, apakah dari konsleting listrik atau dari permainan lodong, yang menurut beberapa saksi merupakan asal mula terjadinya kebakaran. Namun kita masih terus melakukan penyelidikan. Begitupula untuk kerugian, kita masih melakukan assement, " tambahnya.

Salah seorang saksi yang merupakan tetangga dari bangunan Yayasan Gilang Sunda Nagari, Ibu Jujun mengatakan dirinya mengetahui kebakaran setelah api sudah mencapai atas bangunan. Namun dirinya juga tidak mengetahui dengan pasti penyebab kebakaran tersebut.

"Pertamanya saya melihat asap, namun dengan cepat api sudah mencapai ke atas bangunan. Warga yang mencoba memadamkan pun tidak sempat karena dengan cepat api langsung membakar semuanya. Saya juga tidak tahu apa penyebab kebakaran tersebut, karena kondisi saat itu lagi tidak ada orang, "ucapnya./Tema