Pemkab Kuningan Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Bahas Kesiapan Hadapi Idul Fitri 2023


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang bertempat di Ruang Rapat Linggarjati Sekretariat Daerah. Rabu (12/4/2023).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan H. Acep Purnama,SH., MH, Kapolres Kuningan Willy Andrian, S.I.K., SH, Dandim 0615 Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan Dudi Mulyakusumah, SH., MM, dan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan Lusiana Amping, SH., MH.

Dikatakan Bupati bahwa hari raya Idul Fitri merupakan momentum yang paling dinanti oleh masyarakat, antusiasme menyambut lebaran biasanya diikuti dengan melonjaknya mobilitas dan permintaan kebutuhan masyarakat. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut perlu halnya dilakukan beberapa perencanaan persiapan yang harus disiapkan.

Beberapa arahan tersebut diantaranya yaitu agar pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 nanti dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar, dengan begitu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran bisa merasa aman. Merekayasa lalu lintas di atur sedemikian rupa agar meminimalisir kemacetan terutama di titik-titik pusat perbelanjaan dan agar kantong-kantong parkir bisa diatur sedemikian rupa sehingga arus lalu lintas dapat kondusif. Pengerahan aparat Pol PP, Dishub Dan Damkar, bekerjasama dengan Polres dan Kodim dalam menyambut tibanya hari kemenangan, karenanya keamanan dan ketertiban warga masyarakat adalah titik berat dari tugas kita selaku pelayan masyarakat, oleh karena itu mari kita bahu membahu menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Kuningan ini. Manfaatkan dengan baik sarana pendukung di Kabupaten Kuningan salah satunya CCTV untuk memonitor ruas-ruas jalan utama yang dilewati pemudik.

“Ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada jajaran Polres Kuningan dan Kodim 0615 Kuningan serta stakeholder lainnya, dimana dari tahun ke tahun rekayasa lalu lintas bisa di atur dengan baik sehingga di sekitar kota Kuningan lalu lintas berjalan dengan lancar” Ungkap Bupati.

Ia juga berharap semoga penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan lancar, arus balik juga lancar dan yang kedua juga kunjungan wisata lancar. Terlebih kita sekarang punya pengalihan alternatif jalan lingkar timur yang dapat mengurangi beban jalan utama./Iwan