PT Bukaka Lakukan Comissioning Test Jembatan Parunglesang


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Jembatan Parunglesang Kota Banjar hari ini dilakukan comissioning test atau uji kelayakan beban, yang dilaksanakan oleh PT Bukaka selaku rekanan proyek perbaikan Jembatan tersebut, Sabtu (06/05/2023).

Uji coba kelayakan beban tersebut dilakukan mulai dari pukul 12.00 WIB sampai malam dengan menggunakan enam kendaraan berat dengan masing-masing tonase 25 ton, total 150 ton.

Seperti disampaikan General Manager Konstruksi PT. Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi bahwa Jembatan Parunglesang ini masih dalam tahap uji coba kelayakan beban, sesuai dengan uji dinamis dan uji statis yang dilakukan sampai nanti malam.

" Saat ini perbaikan sudah selesai tapi Kami masih ingin meyakinkan dengan pengujian untuk merilis berapa sih tonase yang bisa diizinkan untuk melintas di Jembatan ini. Jadi Kami berharap masyarakat dan pengguna jalan dapat bersabar untuk dibukanya kembali akses Jembatan Parunglesang karena saat ini yang lebih di prioritaskan adalah keselamatan, " ucapnya.


Bambang menambahkan, setelah dilakukan running test hari ini, hasilnya bisa keluar secepatnya.

Diperkirakan dua sampai tiga hari setelah keluar hasilnya dilaporkan ke Pemkot dan segera mungkin jembatan bisa dipergunakan.

" Pembukaan lalulintas Jembatan Parunglesang akan dilakukan dengan pembatasan muatan supaya semuanya aman dan akses mobilitas di Kota Banjar tidak terganggu, " imbuhnya

Sementara itu Pejabat Sekda Kota Banjar, Ade Setiana dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa terkait uji coba kelayakan Jembatan Parunglesang ini, Wali Kota sudah menginstruksikan jajarannya untuk segera menuntaskan persoalan ini sehingga pihaknya akan segera membuka akses Jembatan Parunglesang. Dan juga desakan masyarakat yang ingin akses Jembatan segera dibuka.

" Dan hari ini sesuai dengan progress dari PT Bukaka, dilakukan pengujian dan hasilnya akan dianalisis sehingga secepatnya akan keluar referensi atau hasil yang menyatakan tonase berapa yang bisa masuk ke jembatan ini, setelah dilakukan perbaikan pada pondasi yang patah, "jelasnya.

Jadi kami mohon kepada masyarakat untuk bersabar, dan kita menunggu hasil referensi sekian tonase yang bisa lewat, bisa langsung dibuka.

Namun masyarakat juga harus kembali bersabar bahwa sesuai dengan agenda Nasional apabila Jembatan Parunglesang ini sudah dibuka, maka jembatan Parungsari akan segera ditutup untuk pergantian, pungkasnya./Tema