5 Bakal Calon Kades Manis Kidul Terverifikasi Valid, Siap Ramaikan Pilkades Serentak 2023


KUNINGAN| JABARCENNA.COM,- Lima bakal calon (balon) Kepala Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti kontestasi Pilkades Manis Kidul pada 06 Agustus 2023 mendatang secara administrasi pendaftaran telah terverifikasi lengkap dan valid. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia 7 Desa Maniskidul, Aris Nurhadi, S.PdI saat gelaran Rapat Penelitian Berkas Pelaksanaan Pendaftaran, Senin (26/6/2023) di Aula Balai Desa Manis Kidul.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Jalaksana Bagja Gumelar, BPD Desa Manis Kidul, Kapolsek Jalaksana dan Para Bakal Calon Kepala Desa Manis Kidul, termasuk Kepala Desa, Panitia Pelaksana Pilkades Desa Manis Kidul serta tamu undangan lainnya.


Dalam laporannya, Ketua Panitia Pilkades Manis Kidul Aris Nurhadi mengungkapkan, tahapan penutupan pendaftaran Pilkades kami laksanakan pada tadi malam, maka saya sekali lagi mengucapkan minta maaf karena hari ini kita adakan rapat secara mendadak sebagaimana dengan tahapan jadwal yang telah di tentukan.

Untuk diinformasikan sebelumnya, kami panitia sebagaimana adanya tahapan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak 2023 yang telah ditetapkan maka pada tahapan kegiatan itu dimulai pada awal Juni dengan agenda rapat persiapan tingkat kabupaten dan dilanjut pembentukan panitia kabupaten dan kecamatan pada waktu dan tanggal 04-09 Juni 2023. Dan tepat pada tanggal 10 Juni dilaksanakan lah pembentukan dan pelantikan panitia desa dan berakhir di tanggal 13 Juni.

Lanjut pada tanggal 14 -15 Juni para panitia desa dan kecamatan melakukan bimtek di hotel Montana selama dua hari, dan di tanggal 16 sampai 25 Juni 2023 panitia membuka pengumuman/pendaftaran bakal calon kades. Dan tepat hari minggu 25 Juni 2023 tepatnya jam 12.00 malam kita adakan penutupan pendaftaran dan penetapan bakal calon kepala desa. Ungkap Aris dihadapan para tamu undangan.

"Pembahasan rapat kali ini adalah memberitahukan kepada para bakal calon kepala desa bahwa berkas pendaftaran secara administrasi dinyatakan lengkap dan valid. Dan ada 5 bakal calon yang telah terverifikasi diantaranya yang Pertama ada Bapak Maman Sadiman. Kedua, Bapak Kusmadi. Ketiga, Bapak H Diding Tarmidi M.Si. Keempat, Bapak H Darkum S.Pd dan Kelima, Drs Engkus Kusnadi", ucap Aris didampingi Sekretaris Samsul Arifin S.Pdi.

Setelah ini nanti kita lanjut ke agenda kegiatan lainnya sebagaimana ada tahapan yang telah ditentukan. Dan untuk masa Kampanye nanti akan dilaksanakan 5 hari, tanggal 01 Juli sampai 4 Agustus 2023 mendatang.

"Alhamdulillah sejauh ini pelaksanaan dari tahapan ketahapannya berjalan lancar tanpa ada kendala mudah mudahan sampai berlangsungnya nanti berjalan dengan kondusif", pungkasnya


Ditempat yang sama disampaikan Camat Jalaksana Bagja Gumelar, Alhamdulillah sampai pada hari ini pelaksanaan kegiatan berjalan lancar tanpa ada permasalahan dan mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades serentak ini sesuai dengan apa yang diharapakan yaitu aman tertib dan kondusif.

Dan sesuai tadi pemaparan dari panitia desa, kita hari ini akan melaksanakan verifikasi berkas, sebelum ditetapkannya yang 5 bakal calon ini sebagai calon Kepala Desa maka perlu adanya verifikasi berkas yang valid mengingat berkas yang diajukan oleh para bakal calon harus bisa dipertanggungjawabkan baik oleh diri sendiri, pemerintah dan Allah SWT karena berkas ini harus benar-benar sesuai aturan yang berlaku sehingga dalam syarat administrasinya harus lengkap dan bisa di pertanggung jawabkan ketika ada hal-hal yang yang tidak diinginkan.

"Ini adalah yang harus dilalui dalam tahapan verifikasi berkas, dan jika ada kelengkapan berkas yang belum dilalui maka diharapkan berkordinasi dengan pihak terkait", ucapnya

Lanjutnya, dan saya punya rencana setelah nanti ditetapkan para calon kepala desa ini, saya ingin bertemu dan bincang-bincang dengan para calon dan ketua tim suksesnya masing masing. sehingga nanti akan ada pembahasan selanjutnya. Karena sebagaimana yang saya harapkan adalah adanya pelaksanaan Pilkades di Desa Manis Kidul ini bisa berjalan dengan aman, damai dan kondusif sehingga jauh dari hal yang tidak diinginkan. Ungkap Bagja

Hal sama pun disampaikannya Ketua BPD dan Pihak Polsek Jalaksana bahwa pihaknya mengharapkan pesta demokrasi nanti bisa berjalan dengan kondusif dan berjalan aman baik dari tahapan demi tahapannya dan tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan dilapangan. /Iwan-Angga