Wali Kota Banjar Bacakan Amanat Presiden di Upacara Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Banjar Tahun 2023 digelar di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar, Kamis (01/06/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wali kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., Komandan Upacara, Lettu Inf. Anggun Wahyu W., S.Tr. (Han), (Perwira Yonif R 323 Buaya Putih), Pembaca Teks Pancasila, Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si, (Ketua DPRD Kota Banjar), Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 AKBP. Bayu Catur Prabowo, SH.,S.IK, MH, (Kapolres Kota Banjar).

Petugas pengibar Bendera berasal dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2022 Kota Banjar dengan Komandan Pasukan Pengibar Bendera, Nada Sahibul Wafa dari SMK Negri 4 Banjar, Pembawa Baki, Virna Ameya Fahira Gunawan dari SMA Negeri 1 Banjar, Pengapit Baki, Nabila Melanyi Hidayat dari SMA Negeri 1 Banjar. Petugas Pengibar Bendera akan dilaksanakan oleh Adza Diva Dzikrullah dari SMA Negeri 1 Banjar, Mochamad Irfan Sadikin dari SMA Negeri 3 Banjar serta Muhammad Rafli dari SMA Negeri 3 Banjar.


Dalam amanatnya, Wali Kota Banjar membacakan Amanat Presiden Republik Upacara Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Menurutnya, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai 'Bintang Penuntun' (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. "Jelas Wali Kota.

Mengakhiri sambutanya, Wali Kota menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Para founding father atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan tahun-tahun mendatang. "Pungkasnya.

Turut Hadir Dalam kesempatan tersebut, Waki Wali Kota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar beserta Anggota DPRD Kota Banjar, Forkopimda Kota Banjar, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Utama, Pj. Sekretaris Daerah Kota Banjar, Serta Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Para Ketua GOW Kota Banjar, Serta Tokoh Masyarakat./Tema