Ngabumi 5 di Situs Cagar Alam Pulo Majeti, Dr H Soni Harison : Lestarikan Budaya Kita Sendiri


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, AP., S. Sos., M. Si., menghadiri kegiatan Ngabumi 5 yang bertempat di Situs Cagar Alam Pulo Majeti Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja, Selasa (25/07/2023).

Ngabumi merupakan salahsatu upacara tradisional di kota Banjar yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan pada leluhur yang telah mewariskan kearifan dan berbagai pedoman tentang bagaimana berprilaku antara manusia-manusia, manusia-alam, dan manusia-Tuhan. Tradisi Ngabumi digelar sebagai wujud syukur masyarakat kepada Allah SWT atas berlimpahnya hasil bumi yang telah dipanen. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun khususnya di awal Tahun Baru Islam dengan berbagai rangkaian ritual budaya yang diselenggarakan selama dua hari dengan menggelar beberapa kegiatan seperti Seba Hasil Bumi, Ngalarung, Nyangreub, Istigasah dan Pengajian, Ngawangkong, Proses Mipit, Kirab dan Tarian Pohaci.

Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah mangetakan bahwa kegiatan ini merupakan salahsatu bentuk syukur masyarakat, khusunya masyarakat Pulo Majeti atas hasil bumi yang melimpah. Dijelaskanya, kewajiban melestarikan budaya merupakan kewajiban setiap individu.

"Seperti kata pepatah 'Sanes Migusti, tapi mupusti kana ieu tradisi, ulah dugika leungit keur anak incu urang isukan'. Hari ini kita hadir disini untuk melestarikan budaya kita sendiri. " Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Juga mengucapkan terimakasih atas dukungan, sinergi serta kolaborasi dari seluruh budayawan dari dalam dan luar Kota Banjar untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Sekda juga berjanji akan menyiapkan pasilitas Wifi gratis di Situs Pulo Majeti serta serta akan memberikan bantuan komputer bagi pengelola Situs Budaya Pulo Majeti.

"Disamping ngamumule budaya sendiri, kegiatan ini juga menjadi daya tarik wisata budaya di Kota Banjar. Jika kegiatan ini digelar secara rutin serta dilakukan promosi ke daerah lain, maka ini akan menjadi magnet untuk pengunjung datang ke Kota Banjar yang akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, khusunya masyarakat di Sekitar Situs Budaya Pulo Majeti. " Pungkas Sekretaris Daerah./TM