Kasatpol PP Jabar Berikan Pembinaan Terhadap Anggota Sat Linmas Kota Banjar


BANJAR | BANJAR,- Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) Kota Banjar mendapat pembinaan dari Satpol PP Provinsi Jawa Barat. Pembinaan ini dilaksanakan di halaman Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Rabu (13/9/2023).

Pembinaan ini disampaikan langsung oleh Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat Muhamad Ade Afriandi dan Kasatpol PP Kota Banjar Irwan Adhiawan Suriahkusumah serta Kepala BPBD Kota Banjar Kusnadi. Pembinaan ini diikuti oleh 30 anggota Sat Linmas dari tiga desa wilayah perbatasan Jabar-Jateng di Kota Banjar. Ketiga desa itu yakni Desa Waringinsari, Desa Rejasari, dan Desa Langensari.

Pada kesempatan tersebut, Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat Muhamad Ade Afriandi menyampaikan, ini sebagai bentuk tugas Satpol PP Provinsi memberikan pembinaan bagi Sat Linmas di wilayah perbatasan antar provinsi. Oleh karena itu Satpol PP menjalankan tugas dan fungsi untuk membina khususnya Satuan Perlindungan Masyarakat.

"Tujuan pembinaan yang diberikan kepada Sat Linmas di Kota Banjar supaya bisa merasakan kehadiran Pemerintah Provinsi di wilayah perbatasan. Melalui Satuan Polisi Pamong Praja yang memiliki tugas dan fungsi untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dan penegakan peraturan daerah," katanya.

Ade Afriandi menuturkan, pembinaan ini untuk mengingatkan tugas pokok dan fungsi setiap anggota Sat Linmas yaitu diberikan tugas untuk perlindungan masyarakat. Tentunya dalam rangka perlindungan masyarakat menghadapi kondisi apapun.

"Pembinaan ini tidak harus bencana alam, bencana sosial pun harus menjadi bagian dari tugas kewajiban. Kita menyiapkan masyarakat menghadapi kondisi yang tidak diinginkan. Sehingga ada kesiapan dari jajaran Satpol PP termasuk Sat Linmas, minimal satu jam saat terjadi bencana walaupun ada kepanikan kita bisa melindungi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Banjar Irwan Adhiawan Suriahkusumah turut berharap dalam pembinaan ini Sat Linmas di Kota Banjar dapat mampu menjaga ketentraman ketertiban umum di masyarakat. Sehingga maindset seorang Linmas ada sedikit peningkatan.

"Disaat kondisi saat ini kemarau panjang kebetulan narsum BPBD, minimal setiap Linmas ketika ada bencana alam atau bencana lain Linmas sudah paham yang harus dilakukan supaya mengantisipasi yang akhirnya ketentraman, ketertiban dan perlindungan ke masyarakat tercipta," kata Irwan.

Irwan menambahkan, mudah-mudahan kedepan perbatasan di Kota Banjar ini tidak hanya desa ini semua daerah perbatasan dapat dihadirkan anggota Linmasnya. "Total Linmas di Kota Banjar sebanyak 1.013 orang. Mudah-mudahan pembinaan ini bisa secara berkelanjutan kesemua anggota Linmas di Kota Banjar," katanya.tm