Massa GRIB Gruduk BBWS Citanduy


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Ratusan massa yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya Kota Banjar melakukan aksi demontrasi di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy di Kota Banjar, Kamis (14/9/2023).

Aksi massa Grib Jaya Kota Banjar terlihat ricuh dengan adanya aksi saling dorong dengan petugas keamanan dari Polres Banjar, di mana massa memaksa masuk ke kawasan perkantoran BBWS Citanduy.

Sehingga massa Grib Jaya berhasil menerobos masuk dan melakukan orasi di halaman parkir perkantoran BBWS Citanduy.

Dalam orasinya tersebut, massa menuntut kehadiran Kepala BBWS Citanduy Hendra Ahyadi di hadapan massa serta menerima langsung aspirasi yang disampaikan massa Grib Jaya Kota Banjar.

Massa menolak kehadiran perwakilan Kepala BBWS, yang seperti disampaikan Humas BBWS Rahmat, bahwa Kepala Balai sedang ada tugas di Jakarta, dan sebagai perwakilan ditunjuk Pak Bagus.

Aksi massa sempat memanas dan kemudian memaksa untuk menghadirkan juga dari pemenang tender pekerjaan pembangunan peningkatan Gedung BBWS Citanduy yang bernilai Rp 33,9 miliar dan dikerjakan oleh PT. Pulau Bintan Restari asal Riau.

Ketua DPC Grib Jaya Kota Banjar Asep Diana melalui Sekjen DPC Grib Jaya Kota Banjar Ryan R.Mustopa, mengatakan bahwa kedatangan demo ke BBWS Citanduy hanya untuk memastikan bahwa setiap project yang dilakukan oleh BBWS sesuai dengan dokumen kontrak yang telah ditandatangani.

" Ini kali ke tiga kami datang ke sini. Dan sangat disayangkan sekali, Kepala BBWS selalu beralasan tidak bisa hadir. Seperti hari ini, padahal surat sudah dikirimkan 3 hari sebelum pelaksanaan demo, " ucapnya.

Lebih lanjut Riyan menyampaikan respon dari BBWS terhadap masalah masyarakat, salah satunya dampak kekeringan di masyarakat, BBWS tidak responsif.

" Kami berharap setiap bencana yang terjadi BBWS respon, ke depan kan dulu pertolongan jangan mengedepankan dengan berdalih birokrasi, " imbuhnya.

Aksi demo massa Grib Jaya Kota Banjar berakhir dengan disetujuinya satu tuntutan oleh pihak BBWS yaitu pendistribusian air bersih untuk 4 Desa dengan menggunakan truk tangki air bersih BBWS.tm