Miliki Aset Alami dan Kearifan Lokal, Bumi Perkemahan Desa Ciketak Selalu Aktif Dipergunakan


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Lahan Bumi Perkemahan (Buper) yang berada di belakang Desa Ciketak Kecamatan Kagugede miliki potensi alami dan kearifan lokal.

Lahan yang berada di atas tanah bengkok seluas 3.504 m2 tersebut nyatanya mampu menjadi tempat bermain anak-anak yang aman, karena lokasinya jauh dari hilir mudik kendaraan bermotor.

"Ciketak mempunyai potensi aset alami dan kearifan lokal dan alhamdulillah disambut baik oleh masyarakat karena adanya Buper yang ramah akan Kearifan Lokal ini berpotensi bisa meningkatkan PADes terhadap Desa Ciketak" ucap Pjs.Kades Ciketak, Asep Kurnia S.AP, Rabu (20/9/2023).


Banyak pasilitasi yang ada di Buper Ciketak, Kata Asep. "Ada toilet dan kamar mandi, Lapangan Luas, ada Gedung, Mushola serta akses jalan bisa dilalui mobil dan jalan di lapangan dan jalan menuju akses tersebut juga sudah tersedia listrik dan lampu penerangan", Ujarnya


Sejauh ini Buper ini sering di gunakan untuk kegiatan perkemahan. Dari berbagai sekolah juga pernah melakukan kegiatan perkemahan disini bahkan tingkat perguruan tinggi pun ada. Dan kegiatan yang terakhir juga di Buper tersebut telah menghadirkan 2000 orang dalam kegiatan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Himpunan Putra Putri Keluarga Besar TNI-AD (HIPAKAD). Jadi dengan adanya fasilitas dan lapangan yang luas menjadi bagian kebutuhan di lintas sektor guna melakukan suatu kegiatannya, dan Alhamdulillah Buper Ciketak bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan itu, tuturnya

Semoga dengan adanya Buper ini bisa menjadi bagian aset pendapatan bagi desa dan ini sangat potensi bagi PADes Ciketak. Pungkasnya (Abung/Iwan)