Warga Binaan Lapas Banjar Serap Wawasan Kebangsaan dan Nilai Kebangsaan Dari Pihak Koramil Langensari


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat bekerjasama dengan Koramil Langensari berikan Wawasan Kebangsaan dan Nilai – Nilai Bela Negara kepada warga binaan, bertempat di Aula Lapas Banjar, Selasa (19/09).

Pelaksana Harian Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar, Endis menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran Koramil Langensari atas kesediaannya memberikan Wawasan Kebangsaan dan Nilai – Nilai Bela Negara kepada warga binaan.

Kegiatan ini merupakan program bersama dalam rangka pembinaan kepada warga binaan dengan harapan warga binaan dapat menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, sehingga diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara.

Pendidikan kesadaran Bela Negara ini bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Bela Negara kepada setiap warga Negara khususnya warga binaan, demi terwujudnya kesadaran Bela Negara yang dapat mendukung sistem pertahanan dan keamanan Negara yang bersifat semesta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Struktural Lapas Banjar, Anggota Koramil Langensari, Saka Wira Kartika dan seluruh Warga Binaan Lapas Banjar.

Pada kesempatan tersebut, Anggota Pramuka Gugus Depan 03.099 – 03.100 Lapas Banjar diberikan pelatihan kepramukaan yakni latihan dasar baris – berbaris meliputi latihan sikap sempurna, sikap penghormatan yang dapat diaplikasikan ketika melaksanakan upacara di dalam Lapas.

Lebih lanjut, kegiatan kepramukaan ini untuk melatih warga binaan memiliki kedisiplinan yang tinggi, rasa gotong royong, social, solidaritas dan peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

Dengan diberikannya wawasan kebangsaan dan pendidikan bela Negara, diharapkan dapat melatih dan membiasakan warga binaan untuk mengimplementasikan nilai - nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari hari yang meliputi, cinta tanah air, patriotisme dan ikut serta dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Usai pelaksanaan pembinaan kepada warga binaan, anggota Koramil Langensari dan Saka Wira Kartika meninjau aktifitas di Lapas Banjar meliputi program pembinaan kemandirian dan kepribadian.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pembinaan yang berkelanjutan agar tercapainya tujuan Pemasyarakatan yaitu agar warga binaan menyadari kesalahannya, tidak mengulangi tindak pidana dan kembali ke masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik, mandiri dan Produktif”. Pungkas Endis.tm