CSR BRI Peduli Salurkan Bantuan Pembangunan TPST BSU Tugu Mulya Kuningan Berikut Mobil Pengangkut Sampah


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- BRI melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli kembali menyalurkan bantuan untuk pengembangan Bank Sampah di daerah. Bank Sampah yang mendapat bantuan kali ini adalah Bank Sampah Tugu Mulya Desa Tugu Mulya Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Peletakan batu pertama pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu BSU Tugu Mulya dihadiri langsung oleh Barkah Mulyatno Regional Operation Head BRI RO Bandung dan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH, Selasa (17/10/2023).

BRI memilih bekerja sama dengan BSU Tugu Mulya dengan pertimbangan track record yang baik dalam inovasi pengelolaan sampah yang sudah dilaksanakan dan telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari pemerintah Jawa Barat. BSU Tugu Mulya juga telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan untuk mendapatkan bantuan pengembangan Bank Sampah berupa bantuan sarana dan prasarana dari Program BRI Peduli. Adapun bantuan sarana dan prasarana yang diberikan BRI berupa Bangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu dan Mobil Pengangkut Sampah.


Regional CEO BRI Bandung Sadmiadi menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bantuan TJSL/CSR BRI untuk pengembangan Bank Sampah di beberapa daerah salah satunya di Kuningan sebagai salah satu upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan diharapkan dapat menjadi solusi dalam penanganan masalah sampah di daerah.

Sadmiadi berharap bantuan yang diberikan dan yang akan dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat serta penerima manfaat dari bantuan yang BRI Berikan dalam hal ini BSU Tugumulya dapat menjaga bantuan dimaksud serta dapat mengoptimalkan pemanfaatannya dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama yang baik kepada seluruh pihak yang terlibat hingga akhirnya bantuan pengembangan BSU Tugu Mulya ini dapat segera terlaksana. Selanjutnya kami mohon bantuan kembali agar pembangunan tempat pengelolaan sampah yang akan segera dilaksanakan dapat berjalan dan selesai sesuai rencana” Tutur Sadmiadi RCEO BRI Bandung.


Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH, mengapresiasi Pembangunan TPST bantuan Program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli.

“Ini sangat luar biasa sekali, baru saja peletakan batu pertama pembangunan kantor Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu. Nantinya ada secara administrasi akan mengaplikasikan sampah yang disetor itu merupakan bagian dari rezeki masyarakat yang dialihkan diolah pihak desa untuk membayar Pajak Bumi Bangunan PBB”, ucap Acep.

Selanjutnya Bupati Acep-pun berterimakasih kepada BRI yang juga memberikan mobil pengangkut sampah.

Regional Operation Head BRI RO Bandung - Barkah Mulyatno mengatakan, pihaknya memilih bekerja sama dengan BSU Tugu Mulya dengan pertimbangan track record yang baik dalam inovasi pengelolaan sampah.

“BSU Tugu Mulya ini telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari pemerintah Jawa Barat. Juga telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, sehingga kami memberikan bantuan pengembangan Bank Sampah berupa sarana dan prasarana dari Program BRI Peduli berupa Bangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu dan Mobil Pengangkut Sampah”, ujar Barkah.

Pimpinan Cabang BRI Kuningan - Ivan Abdul Latip menyebut, tak hanya pembangunan TPSP dan bantuan Mobil Pengangkut sampah, saat bersamaan juga simbolis disalurkan bantuan air bersih untuk masyarakat terdampak kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan.

“Bantuan air bersih untuk 12 desa tersebar di kecamatan Simahi, Karangkancana, Ciawigebang, Ciwaru, Kalimanggis,Darma dan Ciniru” tegas Ivan.

Ditambahkan, sebanyak 84 mobil tangki akan disebar disejumlah titik lokasi terdampak kekeringan di Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan dinas terkait, dilakukan secara berkala. [gpwk-ast]