Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Kota Banjar cukup meriah


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Momen peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Kota Banjar sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada peringatan tahun ini turut dilaksanakan sejumlah lomba yang berhubungan khas ke Pesantrenan. Salah satunya yaitu Kitab Kuning.

"Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Kota Banjar cukup meriah. Ada lomba-lomba terutama yang berhubungan khas ke Pesantrenan yaitu Kitab Kuning. Lalaran Nadhom Aqidatul Awam," ujar Ketua Panitia Hari Santri Nasional Tahun 2023 H Gun Gun Gunawan Abdul Jawad saat ditemui di Pendopo Kota Banjar, Senin (16/10/2023).

Gus Jawad sapaan akrab Gun Gun Gunawan Abdul Jawad ini menuturkan bahwa lomba-lomba ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas keilmuan para santri. Khususnya santri yang ada di Kota Banjar sekaligus semarak Santri menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2023.

"Lomba ini bagian dari pada untuk mengasah keilmuan para santri dalam praktek membaca kitab kuning. Ini juga untuk memotivasi para santri khususnya mereka ada Qiro untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas keilmuan para santri," kata H Gun Gun Gunawan Abdul Jawad.

Tal hanya itu, Gus Jawad berharap momen ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri para santri untuk berkiprah di masyarakat. Baik cakupan tingkat kecil maupun ruang yang lebih besar. Sesuai dengan tema Hari Santri Nasional Tahun 2023, Jihad Santri Jayakan Negeri.

"Santri juga mampu untuk berkiprah di masyarakat, baik dalam ruang lingkup tingkat masyarakat lebih kecil tingkat RT maupun dalam ruang yang lebih luas lagi. Di dunia nasional maupun internasional," katanya.

Puncak peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023, Ratusan bahkan Ribuan Santri akan menggelar Upacara Bendera Merah Putih. Upacara tersebut tentunya seluruh petugas upacara merupakan para santri-santri terbaik di Kota Banjar. Selain itu juga pada malam harinya akan dilaksanakan gelar budaya.tm