Selewengkan Dana Bansos, Perangkat Desa Sukadana Ditetapkan Jadi Tersangka


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,-
Perangkat Desa Sukadana AG (35) Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Kuningan terkait tindak pidana penyalahgunaan dana penanganan fakir miskin pada penyaluran bantuan sosial program sembako.

Atas perbuatanya Tersangka dikenai pasal 36 ayat (1) huruf a jo pasal 38 jo pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda lima ratus juta rupiah.

Kapolres Kuningan AKBP Wily Andrian melalui Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP I Putu Ika Prabawa Kartima Utama dalam keterangan Persnya mengungkapkan, oknum perangkat desa tersebut terbukti bersalah menggunakan dana bansos untuk kepentingan pribadinya. Ungkapnya kepada awak media Selasa (24/20/2023).

“Setelah melakukan lidik dan sidik serta memeriksa saksi-saksi, maka kami menetapkan AG sebagai tersangka penyalahgunaan bansos. Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengakui bahwa uang tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan pribadinya,” jelas Putu.

Putu menyebutkan, ada 6 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dirugikan, akibat perbuatan tersangka Jumlah kerugiannya sebesar Rp 10.600.000 untuk tahun anggaran 2021, 2022 dan 2023.

“Modus yang dilakukan oleh tersangka adalah dengan cara menguasai kartu KKS milik 6 KPM kemudian pada saat masuk ke rekening KPM, tersangka melakukan penggesekan dengan menggunakan mesin EDC BNI, melainkan mencairkannya dengan menggunakan kartu ATM BNI milik istri tersangka, setelah itu tersangka tidak memberikannya kepada KPM yang bersangkutan". Jelas Putu

Lanjutnya Putu menambahkan, tersangka menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadinya, dibelikan baju, celana, dan sepatu.
“Tersangka sudah kami amankan,” tutup Putu./WN