Nana Suryana Resmikan PPS Kamisama Kelurahan Karangpanimbal


BANJAR | JABARCENNA.COM- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., Meresmikan Pusat Pengelolaan Sampah Program Kawasan Minim Sampah Mandiri (KAMISAMA) yang berlokasi di TPS KAMISAMA Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Pimpinan PT. Top Tekno Indo, Para Kepala Perangkat Daerah serta Tokoh Masyarakat.

Pola KAMISAMA adalah pola pengelolaan sampah yang menerapkan program kawasan pengelolaan sampah terpadu dengan menggunakan teknologi tepat guna ramah lingkungan sehingga sampah habis di TPS KAMISAMA dengan melibatkan Masyarakat sekitar. Pola ini bertujuan guna merubah sampah menjadi memiliki nilai ekonomis.

Dalam sambutanya, Wakil Wali Kota menegaskan bahwa sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Banjar, TPA Cibeureum dalam sehari harus mengelola sampah 50 sampai 60 ton. Menurutnya pengelolaan sampah memerlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

"Sampah menjadi masalah yang sangat serius, dengan pola pengelolaan sampah seperti ini menjadi sebuah antisipasi agar tidak terjadi overload atau penumpukan sampah di TPA Cibeureum. Dengan Pola KAMISAMA, kita potong distribusi sampah dari rumah ke TPA dan dikelola di TPS KAMISAMA."ujar Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota menambahkan bahwa kekhawatiran persoalan sampah sudah ada sejak dulu, Namun dengan adanya kerjasama ini, diharapkan menjadi sebuah solusi bersama dalam pengelolaan sampah di Kota Banjar.

"Saya masih ingat program kami sama dapat mengolah timbunan sampah sebanyak 10 ton per hari dengan rincian 5 ton melalui kegiatan biokonversi, 3 ton melalui kegiatan 3R dan 2 ton sampah residu oleh setungta. Saya berharap para pihak yang terkait dapat menjaga komitmen dan antusiasme demi memastikan bahwa eksistensi TPS KAMISAMA dapat secara konsisten dan berkelanjutan sehingga mampu membawa manfaat yang besar dalam merubah sampah dari masalah menjadi berkah. "Tutur Wakil Wali Kota.

Kegiatan ditutup dengan tinjauan area pengelolaan sampah di TPS KAMISAMA.tm