Peringatan HAKORDIA Tahun 2023 di Banjar Digelar di Aula Wisya Pustaka Disarsipus Kota Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd.,M.H., membuka kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023 tingkat Kota Banjar yang bertempat di Aula Widya Pustaka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar, Rabu (22/11).

Kegiatan yang mengusung tema 'Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju' ini dirangkaikan dengan Sosialisasi Antikorupsi yang menghadirkan narasumber dari Tim Pengendalian Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK RI yang diwakili oleh Ibu Prawitra Kusumastuti (Fungsional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi) serta Ibu Yuanda Angelia Setiawati (Fungsional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi).

Inspektur Kota Banjar, Agus Muslih, MM. Kes, QGIA., dalam laporannya mengatakan bahwa Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2023 tanggal 23 Oktober 2023 tentang Imbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023.

"Kegiatan ini dilaksanakan guna Memberikan gambaran bentuk dukungan dan perkembangan atas peran serta upaya peberantasan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjar, Memperluas keterlibatan masyarakat dalam menyebarkan dan mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi serta Menginternalisasi budaya antikorupsi pada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banjar."ujarnya.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar dalam sambutanya mengatakan bahwa peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan Hakordia Tingkat Kota Banjar tahun 2023 dipercepat pelaksanaanya mengingat karena karena saya memasuki masa akhir jabatan sebagai Kepala Daerah pada tanggal 4 Desember 2023.

"Pada kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh ASN di Kota Banjar untuk selalu menanamkan integritasnya dan selalu membudayakan anti korupsi pada pekerjaan yang kita laksanakan. Kita tidak hanya mengenang betapa pentingnya memerangi korupsi, tetapi juga mengukuhkan tekad kita untuk menciptakan masyarakat yang bersih, transparan, dan berkeadilan."jelas Wakil Wali Kota.

Korupsi, tambah Wakil Wali Kota, tidak hanya merugikan keuangan daerah, tetapi juga merugikan hak-hak masyarakat dan menciptakan ketidaksetaraan. Dikatanya, Berbagai upaya dilaksanakan oleh Pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengukuran tingkat pencegahan korupsi dimana kita ketahui bahwa adanya Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi pada 8 area intervensi.

"Pada tahun 2022, capaian Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi atau MCP KPK, Pemerintah Kota Banjar memperoleh nilai 91,77 % (urutan ke 8 se Provinsi Jawa Barat) serta untuk Survey Penilaian Integritas (SPI) yang dilaksanakan oleh KPK, Pemerintah Kota Banjar memperoleh indeks 75,18 diatas rata-rata Indeks SPI K/L/PD yaitu 71,94. Semua capaian tersebut atas Kerjasama semua pihak dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kota Banjar. Mari kita jadikan Hari Anti Korupsi Sedunia ini dengan tema “ Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju “ sebagai momentum untuk merefleksikan komitmen kita dalam memerangi korupsi."pungkas Wakil Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Perangkat Daerah yang telah membuat video edukasi tentang Anti Korupsi dengan tema “Kenali Gratifikasi Hindari Korupsi”. Juara Pertama diraih oleh Dinas Tenaga Kerja, Juara Kedua Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar serta Juara serta juara ketiga diraih oleh Kecamatan Purwaharja. Sementara itu, Juara Favorit di raih oleh Sekretariat Daerah Kota Banjar.tm