Bhakti Sosial Karang Taruna Kelurahan Cigintung Tanam 1000 Pohon Guna Wujudkan Keasrian Alam


KUNINGAN | JABARCENNA.COM - Air adalah menjadi bagian kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Dan keberadaan air di suatu tempat menjadi salah satu sumber kehidupan yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Banyaknya kebutuhan air yang semakin meningkat akibat dari semakin bertambahnya populasi penduduk di suatu tempat nyatanya menjadi bagian proses globalisasi yang semakin tidak bisa dihindarkan sehingga mengakibatkan jumlah lahan produktif yang semakin sedikit dan kebutuhan akan air semakin berkurang akibat dari ulah keserakahan manusia yang tanpa memperhatikan alam atau mengelolanya dengan baik.

Berproses dari rasa keprihatinan akan rusaknya alam yang semakin tak terhindarkan, Karang Taruna Cigintung Kecamatan Kuningan Peduli alam sekitar.


Sebagai upaya melestarikan alam, Krang Taruna lakukan giat Bhakti Sosial dalam peduli alam dengan menanam seribu pohon di lingkungan sumber mata air Cigintung, Sabtu (23/12/2023).

Acara yang dihadiri dan didukung langsung oleh Gerakan Jabar Hejo, Mahasiswa Pencinta Alam Kuningan, AKAR, BPBD Kuningan, Pemuda Pancasila dan Masyarakat Peduli lingkungan tersebut berlangsung lancar tanpa kendala.

Ketua Karang Taruna Cigintung, Totong Susanto menyampaikan, "kegiatan ini merupakan agenda kerja karang taruna yang dilakukan dalam agenda tahunan dan ini sifatnya wajib dilaksanakan" ucap Otong

Lanjutnya, diharapkan dalam kegiatan tersebut bisa mengedukasi pada generasi muda untuk melestarikan lingkungan dan menjaga mata air agar bisa dinikmati untuk kelangsungan hidup. Jangan sampai dengan rusaknya alam akibat pengembangan perumahan yang jor-joran nantinya akan berubah menjadi air mata (tangis.red), ujarnya

"Dan hari ini kita lakukan penanaman bibit pohon di wilayah saluran mata air dengan beberapa jenis bibit yang kita tanami diantaranya jenis bibit durian, jambu air, pete dan tanaman lainnya, semoga adanya reboisasi ini menjadi hal positif yang harus terus di agendakan", pungkasnya


Camat Kuningan, Eko yang hadir pada acara tersebut pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Kelurahan Cigintung. Menurutnya kegiatan yang diprakarsai karang taruna menjadi awal yang baik.

"Bicara soal penanaman berarti ini mengerucut pada mempertahankan penghijauan terutama di daerah sekitar sumber air, saya berharap bukan saja menanam tetapi juga harus dibarengi dengan perawatan yang baik " kata Camat.

Masih dikatakan camat, kegiatan ini akan diaplikasikan kepada karang taruna yang lain terutama di wilayah konservasi yang ada di wilayah Kecamatan Kuningan.

Sebelumnya turut hadir pada kegiatan, Camat Kuningan, Binmas Polsek Kuningan, Babinsa Cigintung, lurah Cigintung beserta staf, perwakilan LSM Akar, unsur karang taruna, sejumlah mahasiswa pencinta alam serta perwakilan Jabar Hejo. Dan dilakukannya pula penanaman secara simbolis yang dilakukan oleh wakil daripada perwakilan. ( Bl )