Hari Pertama Menjabat, Kapolres Banjar Langsung Tampung Keluhan Masyarakat Melalui Program Jumat Curhat


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Hari pertama menjabat sebagai Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto, S.H.,S.I.K.,M.C.J.C.,M.H. langsung menemui masyarakat menampung keluhan dan informasi secara langsung melalui program Jumat Curhat di Masjid Khidmatul Ummah Setda Kota Banjar. (22/12/2023)

Program Jumat Curhat merupakan wadah bagi masyarakat dapat berkomunikasi secara langsung dengan Polri, termasuk Polres Banjar yang pada kesempatan hari ini secara langsung Kapolres Banjar menghadiri kegiatan Jumat Curhat tersebut.

Pada kesempatan tersebut salah satu peserta Jumat Curhat, perwakilan awak media Sukirman dari Radar TV Tasikmalaya, menyinggung terkait kondusivitas dan langkah Polri khususnya Polres Banjar dalam menghadapi Pemilu 2024.

Sukirman menekankan pentingnya peran Kepolisian dalam memberikan edukasi kepada masyarakat di tengah situasi politik yang semakin memanas.

“Dalam situasi politik yang semakin memanas, kami meminta kepada pihak kepolisian agar lebih insentif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres memberikan tanggapannya dengan menekankan peran krusial kepolisian.


Kapolres Banjar mengatakan bahwa menjaga kondusifitas pemilu merupakan prioritas utama, dan Kepolisian bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Dalam konteks situasi politik yang mulai menghangat, kami dari Kepolisian akan terus memberikan pemahaman kepada warga agar mereka dapat berpartisipasi secara tenang dan terinformasi dalam proses demokrasi,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menyoroti peran edukasi sebagai alat untuk mengatasi potensi konflik dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menjaga keamanan selama pemilu.

Dengan demikian, upaya kepolisian tidak hanya terfokus pada aspek penegakan hukum, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan pemahaman akan proses demokrasi serta hak dan kewajiban mereka dalam konteks pemilu.

Kapolres Banjar juga mengajak kepada awak media untuk berkolaborasi dalam menciptakan pemilu yang kondusif serta bersama-sama memerangi berita hoax.

Lanjut Kapolres Banjar, pihaknya menginginkan kerjasama antara kepolisian, media, dan masyarakat demi kesuksesan pemilu.

Mengakhiri Jumat Curhat, Kapolres berharap partisipasi aktif dari berbagai pihak, seluruh elemen masyarakat kota Banjar untuk bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif selama proses pemilu berlangsung.

"Jangan sampai perbedaan pandangan Politik atau perbedaan pilihan jangan sampai terjadi perpecahan, untuk itu Kami pihak Kepolisian mengajak seluruh warga masyarakat Kota Banjar untuk bersama-sama menjaga kondufitas kota yang Kita cintai ini." Pungkas Alumni Akademi Kepolisian tahun 2003.tm