Dapat Bantuan Keuangan Kompetitif, Bidang Peternakan Kuningan Telah Alokasikan Bantuan Domba dan Ayam


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan di Tahun 2023 telah melakukan berbagai kegiatan salah satunya yang berada di Bidang Peternakan telah mengalokasikan beberapa bantuan kepada kelompok yang berada di daerah miskin ekstrim.

Kepala Bidang Peternakan, Nanang Rismaya melalui Kasi Kesawan dan Kesmafet, Rofiq saat ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan salah satunya dengan mengalokasikan bantuan dari anggaran keuangan provinsi yang dilaksanakan akhir tahun kemarin.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan, Nanang Rismaya.

"Bantuan Keuangan Provinsi kita alokasikan kepada pemberian bantuan ternak domba dan ayam di 5 desa yang berada di wilayah kecamatan darma dari kelima desa tersebut diantaranya Desa Situsari, Desa Paninggaran, Desa Cageur, Desa Karangsari, dan Desa Tugumulya" ucap Rofiq

Kegiatan ini merupakan suatu upaya penanggulangan kemiskinan melalui perluasan kesempatan kerja, kesempatan berusaha, peningkatan ekonomi masyarakat, melalui optimalisasi usaha ternak yang lebih efisien dan produktif serta ramah lingkungan.

“Diharapkan dengan adanya bantuan ini, masyarakat peternak di Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternaknya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan peternak di wilayah miskin ekstrim tersebut " ujarnya

Untuk penerima bantuan tersebut dalam satu desa itu ada dua kelompok penerima bantuan, dan ada 220 ekor dombadan 5000 ekor ayam kampung yang telah disebar di lima desa tersebut. Sedangkan untuk kelompok yang mendapatkan bantuan ayam kampung, akan diberikan stimulan kandang, penyediaan pakan konsentrat, serta diberikan sarana prasarana pendukung seperti mesin penetas telur.

"Kita berharap kedepan dengan adanya bantuan kepada kelompok peternak ini bisa mengurangi kemiskinan dan dapat memperluas kesempatan berusaha, serta bisa lebih lagi dalam meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga (gerbang kaya) atau gerakan pengembangan kambing dan ayam ini bisa teroptimalisasikan dengan baik dilapangan. Terangnya (Iwan/Idos)