Proses Sortir Surat Suara, Ketua KPU Kota Banjar : Ditemukan Ratusan Surat Suara Rusak


BANJAR | JABARCENNA.COM, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menemukan ratusan suara suara rusak hasil sortir yang dilakukan Petugas sortir dan lipat.

Ketua KPU Kota Banjar Muhammad Mukhlis menyampaikan proses sortir dan lipat surat suara dilakukan sejak Rabu (10/01/2024) lalu. Dan hingga hari ke lima proses sorlip telah ditemukan ratusan surat suara yang rusak.

"Saat proses sortir kami menemukan surat suara yang rusak untuk PPWP 116 lembar, DPR-RI 38 lembar dan DPR Provinsi 479 lembar, " ucapnya saat ditemui di Gudang Logistik KPU Kota Banjar, Senin (15/01/2024).

Menurut Mukhlis kerusakan surat suara tersebut salah satunya adalah karena kesalahan cetak. Kemudian untuk surat suara PPWP dan DPR-RI ada yang bolong. Dan untuk DPR Provinsi ada kesalahan cetak di warna, sehingga dikategorikan gagal cetak. Untuk surat suara yang rusak ini dipisahkan dulu.

" Untuk surat suara yang rusak ini akan diberita acarakan dan dilaporkan ke Provinsi, agar diganti kekurangan untuk kebutuhan di Kota Banjar , " imbuhnya.

Diketahui, proses sortir dan lipat surat suara dilakukan KPU Kota Banjar, yang pertama di sortir dan dilipat yakni surat suara presiden. Dan untuk proses sortir dan lipat suara tersebut setidaknya melibatkan sebanyak 100 petugas sorlip yang mayoritas berasal dari warga sekitar Gudang Logistik KPU Kota Banjar.tm