Jawara Munggah Puasa dan Sertijab Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Minggu 3 Maret 2024. Bertempat di Objek Wisata Lembah Pajamben Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar menggelar Latihan Bersama bertajuk " Jawara Munggah Puasa", kegiatan ini diselenggarakan dengan beberapa rangkaian acara; dari mulai silaturrahim antar paguron, tawashulan, latihan bersama, ngawangkong dan diakhiri dengan botram/balakecrakan (makan bersama) dengan konsep masing-masing yang hadir membawa bekal nasi dari rumahnya untuk dimakan bersama-sama.

Disela2 kegiatan tersebut, terselip agenda serah terima jabatan Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar dari H. Dian Sardiana kepada Kang Dani Danial M sebagai Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar ke depanya.

Kang Danial menyampaikan, bahwa jabatan ini adalah amanah dan amanah kepemimpinan sebenarnya merupakan musibah (ujian) dari Allah, oleh karenanya ungkapan pertama yang harus diucapakan adalah kalimat _"Innaalillahi wainnaa ilaihi rajiun"_ sebagaimana dicontohkan sayyidina Abu Bakar Assiddiq pada saat didaulat sebagai khalifah meneruskan kepemimpinan Rasulullah.

Ke depan, ada beberapa agenda yang akan digelar dalam rangka syi'ar budaya, khususnya dalam rangka mensosialosasikan seni tradisi pencak silat sebagai warisan leluhur kepada masyarakat, di antaranya melalui kegiatan Tahunan bertajuk "JAWARA PASEUK NAGARA" dan kegiatan JAWARA SABA DESA.

Selain kegiatan-kegiatan ceremonial tersebut, di bawah kepemimpinannya Kang Danial akan membawa Paguyuban Silat Tradisi ini sebagai wadah silaturrahim bagi seluruh pecinta seni tradisi khususnya seni pencak silat yang ada di kota Banjar.tm