Kisah Tati Kusti Kurniasih, Wanita Baik yang Rawat ODGJ Terlantar Hingga Sembuh


KUNINGAN | JABARCENNA.COM, - Kebaikan Tati (42) warga Desa Peusing Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan dalam merawat ratusan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kabupaten Kuningan nyatanya banyak di apresiasi oleh masyarakat.

Tati sebagaimana pekerja relawan dalam penanganan pasien ODGJ ini nyatanya telah cukup lama dilakukan dan sudah sepuluh tahun dirinya berkecimpung di dunia Orang Dengan Gangguan Jiwa.

Tidak sedikit pasien yang ditanganinya mengalami kesembuhan yang kembali kepada aktifitas dilingkungan masyarakatnya. Iya rela mengabdikan dirinya untuk berperan membantu masyarakat yang kesulitan dalam menyembuhkan pasien yang terkena gangguan jiwa dengan tanpa pamrih atau dia rela tidak di bayar. Menurutnya bahwa yang dilakukannya tersebut mempunyai rasa senang karena bisa membantu pasien di kalangan tidak mampu.

" Saya senang dan bahagia apabila pasien yang kita tangani sembuh, kami tidak menuntut apa apa kepada keluarga pasien , biarlah Allah SWT yang membalas dan Alhamdulillah disisi lain usaha saya semakin lancar, rejeki selalu ada, ini mungkin balasan Allah pada saya " ucapnya

Ia menjelaskan ada berbagai macam metode dalam menangani pasien ODGJ, tergantung dari penyebabnya,misalnya stres akibat ekonomi , stres akibat obat obatan ataupun stres akibat putus cinta , yang jelas kita harus sabar dan bisa masuk ke dunianya.

Masih menurut Tati, banyak suka duka dalam menangani pasien ODGJ, dukanya ketika sedang menangani pasien ODGJ akibat putus cinta, dirinya mengaku harus berperan sebagai pacar pasien, kemudian sukanya , kalau pasien yang saya tangani sembuh.

Salah satu pasien yang sedang ditangani saat ini adalah Heri Hendarsah (44) warga Ciasem Kelurahan Purwawinangun, Heri baru di jemput dari rumah sakit mitra Plumbon setelah mendapat perawatan di rumah sakit dan akan dilanjutkan perawatan oleh Tati di rumah pasien. (Iwan)