Dinkes Kota Banjar Berikan Penyuluhan Kepada Warga Binaan Tentang Edukasi Perilaku Hidup Sehat


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Lapas Kelas IIB Banjar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat bekerjsama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjar dan Puskesmas Pataruman 3 memberikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Rabu (17/4).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lapas Banjar ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga binaan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan, khususnya saat mereka menjalani masa pidana di Lapas Banjar.

Penyuluhan PHBS ini diikuti oleh seluruh warga binaan, diisi dengan edukasi terkait PHBS oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Banjar, Puskesmas Pataruman 3 dan Tenaga Kesehatan Klinik Pratama Lapas Kelas IIB Banjar.

Edukasi yang disampaikan tentang pentingnya PHBS untuk mencegah penyakit menular, seperti HIV/AIDS, penyakit kulit, diare, dan tuberculosis. Selain itu, diberikan juga tips-tips tentang cara menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, dan menjaga jarak dengan orang sakit.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjar, Amico Balalembang mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan PHBS ini dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 dan merupakan salah satu upaya Lapas Banjar untuk meningkatkan kualitas hidup warga binaan.

"Kegiatan Penyuluhan PHBS ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 dengan tema Pemasyarakatan PASTI BERDAMPAK yang diharapkan dapat mengedukasi warga binaan untuk meningkatkan kualitas perilaku hidup bersih dan sehat," terang Amico.

Warga binaan antusias mengikuti penyuluhan PHBS ini, berbagai pertanyaan yang dilontarkan warga binaan kepada narasumber tentang cara menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan.

“Kami beserta jajaran petugas Lapas Banjar, akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam penyelenggaraan layanan di Lapas Banjar khususnya layanan perawatan dan kesehatan warga binaan. Kami ingin warga binaan saat berada di dalam Lapas hingga selesai menjalani masa pidana memiliki kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang baik, serta memiliki kemampuan kepribadian dan kemandirian yang lebih baik,” pungkas Amico.tm