Presiden Lantik Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum


JabarCeNNa.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Terpilih, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, serta delapan Gubernur Terpilih lainya di Istana Negara Jakarta, Rabu, 5 September 2018, pukul 10.00 WIB.

Pelantikan dan pengambilan sumpah kesembilan pasangan Gubernur dan Wskil Gubernur Terpilih itu dilakukan secara serentak dan bersamaan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap para gubernur dan wakil gubernur itu menirukan Jokowi.

Mereka juga bersumpah akan mematuhi undang-undang, mengabdi pada masyarakat, serta nusa dan bangsa. 

Selain Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, delapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih lainya yang dilantik masing-masing, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji-Ria Norsan. Dari Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal.

Lalu Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen, Bali I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana, dan Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.

Turut dilantik, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi-Lukman Abunawas, Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Sumarsono, dan Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi.

Bagi pasangan Ridwan-Uu, acara pelantikan ini bersifat mendadak, karena sebelumnya untuk Jabar pelantikan rencananya akan dilangsungkan pada 27 September.

Ridwan Kamil mengaku, Selasa pagi kemarin dirinya menerima radiogram dari Kemendagri mengenai pelantikan hari ini, namun Kang Emil, panggilan akrabnya, mengaku tidak melihat ada tercantum nama Jawa Barat.

Namun kemudian, siang jelang sore, datang kabar dari Dirjen Otonomi Daerah, Jabar ikut dilantik besok (hari ini), kata Emil.

“Per tadi pagi kan ada radiogram dari Kementerian Dalam Negeri, jadi Jabar memang tidak tercantum untuk dilantik besok. Maka saya beri statemen, namun tadi dapat kabar Dirjen Otonomi Daerah berkoordinasi dengan istana ternyata saya masuk dalam pelantikan besok,” kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, kemarin.

Emil yang siang kemarin masih melakukan rapat dengan beberapa SKPD, mengenai urusan Kota Bandung, maka segera Emil break, lalu mengontak Uu Ruzhanul Ulum, dan melakukan persiapan-persiapan untuk pelantikanya hari ini.


.asep/tn