Sekda Kuningan Berinisial D


JabarCeNNa.com, Kuningan - Pejabat yang akan menduduki posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan yang masih kosong akan diisi oleh pejabat berinisial D.

Demikian pengamat pemerintahan, A Haris, SH ketika ditemui di Kuningan, Rabu, 26 September 2018.

"Feeling saya mengatakan, Sekda berikutnya berinisial D," tandas Haris.

Merujuk pendapat Haris tadi, maka ada dua nama pejabat yang berinisial D yaitu,  Deni Hamdani (Kepala Dinas Perhubungan), dan Dian Rachmat Yanuar (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan). 

Keduanya, bersama Ukas Suharfaputra  (Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Perikanan) adalah tiga nama yang direkomendasikan Tim Pansel kepada Bupati Kuningan Acep Purnama.

Sebelumnya, Tim Pansel yang diketuai Ahmad Solihin  disodorkan tujuh nama. Kemudian setelah dilakukan seleksi, tiga nama lolos, sedangkan empat lainya gugur.

Empat nama yang gugur adalah Drs Agus Sadeli MSi (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan) H Mas Ridwan Setiawan SH MH MSi ( Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang), Drs Ucu Suryana MSi (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) dan Asep Taufik Rohman MPd MSi (Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah).


Ketika inisial D tersebut dikejar, Deni atau Dian, Haris berkelit dan mengatakan peluang keduanya sama.

"Peluangnya sama. Kita kembalikan saja kepada bupati yang mempunyai hak preogratif untuk itu," kata Haris

Bupati, kata Haris, sebaiknya segera memilih satu dari tiga nama yang telah direkomendasikan Tim Pansel, lalu melantiknya, mengingat vitalnya posisi Sekda dalam sebuah pemerintahan daerah.

"Ya, kita himbau supaya bupati segera memilih dan melantik Sekda yang baru.

Ketika kepadanya ditanya peluang Deni untuk menduduki posisi Sekda, Haris mengatakan peluang Deni cukup besar.

"Pak Deni, kalau tidak salah tiga kali menjabat sebagai camat, di Ciawi, Cibeureum dan Cigandamekar. Itu artinya kalau dari sisi pemerintahan, pengalamanya tidak perlu diragukan,".

Kemudian Deni juga pernah menjabat sebagai Kepala Satpol PP, dan terakhirnya menjabat sebagai Kadishub.

"Saya dapat bocoran, nilai tes Pak Deni paling tinggi," kata Haris. 

Di sisi lain, Deni menurut Haris dikenal sebagai pribadi yang komunikatif, familiar, sehingga dapat diterima banyak pihak, baik di dalam birokrasi ataupun di masyarakat, khususya di kalanga aktivis dan LSM.

"Feeling saya, Sekda Kabupaten Kuningan yang baru, pejabat berinisial D," ulang Haris.


.tn