Sunjaya Jadi Tersangka, Sekda Rachmat Sutisno Plt Bupati Cirebon

JabarCeNNa.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan dan penerimaan gratifikasi proyek di Pemkab Cirebon, Kamis, 25 Oktober 2018.

Bersama Sunjaya, KPK juga menetapkan Gatot Rachmanto, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Cirebon sebagai tersangka pemberi suap.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dengan menetapkan dua orang sebagai tersangka yaktu diduga sebagai penerima SUN, Bupati Cirebon dan diduga sebagai pemberi GAR Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cirebon,” ucap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK, Kamis (25/10).

Untuk mencegah kekosongan pemerintahan, Sekda Cirebon Rachmat Sutisno akan bertindak sebagai Plt Bupati Cirebon.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menuturkan kronologi penangkapan Sunjaya kepada media. Alex mengatakan, pada awalnya Tim KPK  mendapat informasi akan ada transaksi suap jual beli jabatan dan gratifikasi kepada Sunjaya. 

Kemudian, tim penyidik menuju kediaman ajudan Sunjaya berinisial DS dan mengamankan uang Rp 116 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

“Tim juga mendapatkan bukti setoran ke rekening penampungan milik Bupati yang diatasnamakan orang lain senilai Rp 6.425.000.000,” tambahnya.

Setelah itu, sekitar pukul 16.30 WIB, tim penindakan KPK menuju kediaman Gatot dan menangkapnya. Secara paralel, tim juga mengamankan Sunjaya dan ajudannya yang berinisial N dikantor pendopo Bupati.

“Tim juga kemudian mengamankan Kabid Mutasi berinisial SD. Kemudian, pukul 17.30 WIB, Kepala BKPSDM berinisial SP tiba di kantor Bupati dan diamankan tim,” pungkasnya lagi.

Keterangan diperoleh menyebutkan KPK membawa enam orang ke Jakarta yakni, Sunjaya, Gatot Rachmanto, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Supadi Priatna, dan anak buahnya Kabag Mutasi dan Kepangkatan, Sri Darmanto, Ajudan bupati bernama Nanda dan sopir bupati bernama Mamat.


.mar.jamal/ tn