BUMDes CItra Desa Citepus Terus Berkembang dan Maju

JabarCeNNa.com, Sukabumi -- Desa merupakan salah satu tempat yang potensial bagi perekonomian suatu negara. Banyak potensi yang bisa dikembangkan demi memajukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Seperti halnya BUMDes Citra Desa Citepus Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi yang menjadi salah satu BUMDes yang mengalami kemajuan dan terus berkembang.

BUMDes yang patut di contoh ini nyatanya mempunyai usaha yang begitu signifikan diantaranya usaha dalam mengelolah Toko/warung yang menjajakan makanan dan minuman, POM Mini, Unit Simpan Pinjam serta Unit Jasa dan Pertanian.

Ketua Badan Usaha Milik Desa Citepu, Uci Sanusi menuturkan, "BUMDes Citra ini adalah merupakan usaha desa yang di kelola oleh Pemerintah Desa Citepus Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, dan dalam pengelolaan-nya alhamdulilah mengalami peningkatan dan bisa dikatakan sukses dan berkembang. "ucap Uci Kepada Jabarcenna.com, Minggu 9 Juni 2019.

Dengan adanya BUMDes Citra pihaknya menginginkan adanya tujuan yang ingin dicapai dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"sudah pasti dengan adanya BUMDes bisa meningkatkan perekonomian Desa, Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa, Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa" kata Uci.

Dan tidak hanya itu, dirinya mengungkapkan, dalam pengelolaan BUMDes sendiri bagaimana caranya bisa mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga. Sehingga bisa menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga dan Membuka lapangan kerja.

BUMDes sendiri bisa berjalan ketika bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa" pungkasnya.

Pada dasarnya pendirian dan pengelolaan BUMDes adalah sebuah wujud dari pengelolahan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustainable. Untuk itulah membutuhkan pengelolaan BUMDes yang serius agar bisa berjalan secara mandiri, efektif dan profesional. "demikian dikatakan Uci Sanusi


.Erik/Kalif