Dinas Pertanian Banjar Cek Kesehatan Hewan Kurban

JabarCeNNa.com, Banjar -- Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kota Banjar Jawa Barat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Jumat (2/8-2019).

Pemeriksaan hewan potong meliputi sapi dan kambing yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan se- Kota Banjar.

Kepala seksi keswan kesmavet kesehatan hewan, drh Lela mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha. Untuk daerah Banjar sementara untuk hewan kurban sapi khususnya tidak ada kendala dan tidak ada virus yang membahayakan, hanya masalah usia saja.

“Kami bertindak tegas apabila ada oknum penjual yang memaksakan untuk menjual sapi yang tidak memenuhi standar untuk dikurbankan.” jelasnya.

Lanjutnya, petugas akan keliling ke wilayah-wilayah dan lapak penjualan sapi dan kambing untuk memeriksa hewan kurban. Jika hewan kurban memenuhi kriteria layak dan sehat, akan diberikan kalung sehat dan jika ada hewan potong yang mengalami sakit akan ditangani lebih lanjut.

H. Jajang pemilik peternakan sapi mengungkapkan, dengan diadakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini, penjual hewan kurban merasa terbantu agar mengetahui hewan mana yang layak dan dinyatakan sehat.

“Karena saat ini pemesan hewan kurban meningkat sampai 40% dibanding tahun kemarin,” tandasnya.

Jajang, sampai bisa menjual ke luar daerah bahkan sampai Jawa tengah. Bagi masyarakat yang hendak berkurban, Dinas terkait juga mengimbau warga untuk memperhatikan kesehatan hewan kurban dengan memilih hewan kurban yang telah memakai kalung ‘sehat’.

.Tema