Sukabumi Kirim 32 Peserta ke BBPLK Bekasi

JabarCeNNa.com, Sukabumi -- 53 orang peserta mengikuti rekrutmen Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Boarding Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Jawa Barat.

Antusias para pemuda pemudi pencari kerja sangat tinggi. Pasalnya dalam rekrutmen PBK dan BBPLK tercatat 53 orang pendaftar yang ikut seleksi pelatihan PBK dan BBPLK tersebut.

Dari jumlah keseluruhan pendaptar tersebut hanya 32 orang yang lolos seleksi dan 15 orang yang terpilih. Dimana 15 orang terpilih tersebut akan mengikuti lima program kejuruan sesuai kuota boarding training yang diminta BBPLK Bekasi yakni kejuruan otomasi elektronika; operator instrument; jaringan komputer; mobile programing; dan refrigasi komersial.

Dalam arahannya saat pembukaan rekruitmen pelatihan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Sukabumi Dadang Budiman berpesan untuk peserta yang lolos seleksi agar menjaga nama baik kabupaten Sukabumi dan menunjukkan prestasi selama mengikuti pelatihan di Bekasi. 

“Nama baik Sukabumi harus dijaga dan taati aturan selama mengikuti pelatihan dan tunjukkan prestasi kalian, agar diberi peluang kesempatan lebih banyak peserta untuk angkatan berikutnya, khususnya di kabupaten Sukabumi, “ ujar Dadang, Rabu (31/7/2019).

Lanjutnya, kepada yang lolos seleksi dan mengikuti pelatihan merupakan kesempatan pertama sebagai titik awal untuk memperoleh kemajuan hidup bahwa saya mampu dan akan bekerja keras untuk meraih sukses bahwa hidup tidak akan bergantung pada orang lain dan harus mandiri.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut anda harus berubah bisa kerja dan bisa usaha untuk mendapatkan uang penghasilan guna bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga."demikian dikatakan Dadang.

Pihaknya menambahkan, Pelatihan tersebut terlaksana berkat hasil koordinasi konsultasi dan tindak lanjut kunjungan kerja Kepala Dinas beserta Kepala Bidang dan para Kasi beserta pelaksana baru-baru ini ke BBPLK Medan.

Kerja sama tersebut perlu dibangun mengingat banyaknya potensi dan keinginan dari masyarakat atau pemuda angkatan kerja yang ingin ikut pelatihan guna dapat meningkatkan kompetensi keahlian tertentu melalui pelatihan tersebut. 

Tuntutan untuk memiliki keahlian tertentu sangat dibutuhkan baik didunia industri maupun dunia usaha karena bila hanya mengandalkan izasah saja yang diperoleh dari sekolah dan tidak ditambah dengan keahlian dan keterampilan tertentu maka kurang bisa bersaing manakala melamar pekerjaan di dunia industri."Tambah Agus Ernawan selaku Kabid  Pelatihan Kerja Produktivitas Tenaga Kerja

Dalam pelaksanaan tersebut, Turut hadir tim Recrut seleksi dari BBPLK Bekasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi Dadang Budiman, didampingi Kepala Bidang Pelatihan Kerja Produktivitas Tenaga Kerja Dinakertrans Kab. Sukabumi, Agus Ernawan dan unsur pelaksana BBPLK Bekasi Bidang Penyusunan Badan Penberdayaan Nurhayati dan Instruktur Marlusia Wita.


.Suhendi/Sri Nenkli