Banjir Landa Tiga Kecamatan di Kota Sukabumi, Belasan Rumah Terendam

Warga Sukabumi yang terkena dampak banjir
JABARCENNA.COM | SUKABUMI – Banjir melanda tiga Kecamatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, meliputi Kecamatan Baros, Cibeureum dan Citamiang. 

Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Sukabumi dari pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB, Minggu (10/5/2020) sore, merendam belasan rumah dan beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain mengungkapkan, catatan sementara BPBD, wilayah yang terdampak banjir adalah Kecamatan Baros, Cibeureum dan Citamiang.

Di Kecamatan Citamiang, banjir terjadi di Jalan Pramuka Lamping, Jalan Lio Santa, daerah Cikondang di RW 08, 01 dan 02 kemudian Jalan Begeg tepatnya dekat kampus STAI Sukabumi.

Kemudian di Kecamatan Baros, banjir juga merendam Terminal di daerah Jalur atau Jalan Lingkar Selatan, Kampung Pangkalan menuju Balandongan Kelurahan Jayamekar kemudian, Kampung Babakan RT 01/05 dan Kampung Salagambong RT 02 dan RT 03 di RW 08, Kelurahan Baros. 

Sedangkan di Kecamatan Cibeureum, banjir melanda daerah Limus Nunggal RT 02/08 dekat SDN Manunggal Bhakti. 

“Hujan deras akibat cuaca ekstrim yang melanda Kota Sukabumi berdampak cukup besar, mayoritas rumah dan jalan terendam karena luapan air sungai dan drainase,” kata Zulkarnain

Luapan drainase dan sungai tersebut mencapai 40 cm hingga 80 cm, penyebab utamanya adalah karena curah hujan cukup tinggi dengan intensitas yang cukup lama serta tata drainase yang kurang bagus, ujarnya

Lanjut Zulkarnain, Petugas saat ini masih di lapangan untuk melakukan pendataan dan inventarisir yang terdampak akibat cuaca ekstrim ini.


.Suhendi/Iwn

Banjir melanda tiga Kecamatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, meliputi Kecamatan Baros, Cibeureum dan Citamiang.