Hindari Kemacetan, Kakorlantas Polri Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

JABARCENNA.COM | JAKARTA - Guna menghindari kemacetan, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengimbau para pemudik yang merayakan hari raya Idul Adha di kampung halaman dalam perjalanan kembali ke Jakarta agar kembali lebih awal.

Dalam penjelasannya, Kakorlantas Polri mengatakan bahwa antisipasi ini perlu dilakukan karena diprediksi hari Minggu (02/08/2020) ini merupakan puncak arus balik menuju arah Jakarta dan sekitarnya sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Agar perjalanan balik akan lebih nyaman, kami mengimbau kepada semua masyarakat agar yang melakukan perjalanan mudik bisa mengatur perjalanan dan menyesuaikan waktu untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas.

“Di musim pandemi COVID-19, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Jangan lupa selalu gunakan masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan wajib dilakukan. Hingga saat ini jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatannya diperkirakan mencapai 40 persen. Namun demikian, secara umum arus lalu lintas ramai lancar dan terkendali, dan atrean kendaraan di gardu tol juga normal,” tambah Kakorlantas Polri.

“Guna mengantisipasi lonjakan arus balik, kami bersama stakeholders terkait siap untuk mengantisipasi arus balik. Nantinya kendaraan barang sumbu tiga ke atas dari Jateng menuju Jakarta dilarang melewati jalur tol. Mereka dialihkan melewati jalur arteri atau jalan nasional. Pengalihan dimulai dari perbatasan Tol Jatim, Jateng, dan pintu keluar Tol Jateng. Dengan demikian dipastikan di pintu keluar Tol Kanci tidak ada kendaraan besar yang melewati jalur tol. Oleh karena itu saya berharap Dirlantas Jateng, Jabar dan Metro Jaya beserta jajaran bersama Dinas Perhubungan agar mengantisipasi penerapan pengalihan kendaraan barang tersebut serta mempersiapkan personel yang memadai untuk rekayasa lalu lintas, baik contra flow maupun one way secara situasional dari KM 65 sampai gerbang Tol Halim di Tol Dalam Kota Jakarta sesuai dengan dinamika di lapangan. Saya berharap kesiapsiagaan penuh kepada jajaran untuk antisipasi arus balik ini. Kepada para pemudik apabila merasa lelah dan capek untuk segera beristirahat di rest area.Jangan memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang paling utama," pungkas Kakorlantas Polri saat memberikan penjelasan di Mako Korlantas Polri, Sabtu (01/8).

.Iy

JAKARTA - Guna menghindari kemacetan, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengimbau para pemudik yang merayakan hari raya Idul Adha di kampung halaman dalam perjalanan kembali ke Jakarta agar kembali lebih awal.