Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi Ukir Prestasi Juara 1 Di MTQ XXXVI/2020 Subang


JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi, mahasiswa Semester 7 Jurusan PAI di IAIN Syekh Nurjati CIrebon asal Desa Kertayasa RT 06/RW 03 Kecamatan Sindangagung yang mewakili Kabupaten Kuningan dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat ke-36 meraih peringkat pertama pada cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ). 

Selain itu, beberapa perwakilan lainnya dari Kabupaten Kuningan juga memenangkan juara, perwakilan tersebut diantaranya adalah Muhamad Riyan Amirudin yang meraih peringkat Harapan 2 cabang Qiroat Sab'ah Dewasa Murrotal dan Luthfi Muhammad Al-Fatih yang meraih peringkat Harapan 2 cabang Tafsir Bahasa Arab. 

Untuk juara 1 mendapatkan piala, sedangkan juara harapan mendapatkan piagam dan uang pembinaan. Masing-masing hadiah penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., pada malam penutupan yang dilaksanakan pada Kamis (10/09/2020). 

Sebelumnya, 40 orang Kafilah mewakili Kabupaten Kuningan di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. MTQ ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan sejak tanggal 3 s/d 11 September 2020 di Kabupaten Subang. Terdapat 7 kecabangan yang dilombakan, diantaranya lomba Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Makalah Al-Quran, dan lomba Kaligrafi. 

MTQ dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini, MTQ dilaksanakan dengan tema LPTQ “mewujudkan generasi Qur’ani menuju Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi”. 

Tujuan diadakannya kegiatan MTQ ke-36 ini adalah, untuk memasyarakatkan Al-Qur’an dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an di kehidupan masyarakat jawa barat, sebagai media dakwah dan syiar islam dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an, mengembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an melalui qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, penulis kaligrafi dan penulis makalah Al-Qur’an sebagai bentuk pendakwahan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan, serta menetapkan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mewakili Jawa Barat pada ajang LPTQ Nasional di Kota Padang pada bulan November 2020 mendatang. 

Dari Kabupaten Kuningan, terdapat 10 kecabangan yang di ikuti dari 10 kecabangan yang dilombakan, diantaranya tartil anak 2 orang, tilawah anak 2 orang, tilawah remaja 2 orang, tilawah dewasa 2 orang, muzawwad dewasa 2 orang, murotal dewasa 1 orang, tahfidz 1 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 5 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 10 juz 2 orang, tahfidz 20 juz 2 orang, tahfidz 30 juz 2 orang, tafsir bahasa arab 1 orang, tafsir bahasa indonesia 1 orang, tafsir bahasa inggris 1 orang, MFQ 6 orang, MSQ 6 orang, MMQ 2 orang, KHAT 2 orang. Total peserta adalah sebanyak 40 orang, dengan pembina sebanyak 7 orang dan official sebanyak 10 orang.

.Hms/IY