Kades Jalaksana : Program Keagamaan Terus Digalakkan Guna Tingkatkan Moral Kaula Muda Kearah yang Lebih Baik

Kepala Desa Jalaksana, Juhana saat ditemui diruang kerjanya, foto (IST)

JABARCENNA.COM | KUNINGAN - Dalam menggapai suatu keberhasilan guna mencapai titik yang maksimal nyatanya tidaklah mudah. Seperti halnya sektor pembangunan dalam suatu wilayah terutama di pedesaan sebagaimana peningkatan mutu sarana dan prasarana dalam suatu lingkungan yang harus terus digalakkan nyatanya harus berbanding dengan peningkatan mutu sumberdaya manusianya.

Seperti halnya salah satu desa yang ada di Kabupaten Kuningan yaitu Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana yang terus berupaya menjalankan program keagamaan guna meningkatkan taraf pendidikan mental dan moral keagamaan kearah yang lebih baik.

Dikatakan Juhana selaku Kepala Desa Jalaksana saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (3/6/2021) pihaknya mengungkapkan, Selain dari meningkatkan potensi desa, dari sektor pendapatan asli desa seperti halnya sektor pariwisata dan pengelolaan BUMDES, kami Pemerintahan Desa Jalaksana berupaya terus menjalankan program peningkatan mutu keagamaan," ucap Juhana

Hal tersebut dilakukan, lanjutnya guna meningkatkan pondasi keagamaan bagi masyarakat terutama para generasi muda atau kaula muda yang akan datang sehingga mempunyai akhlak yang lebih baik lagi.

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah desa jalaksana guna melaksanakan program peningkatan moral warganya yaitu bersinergi dengan lembaga MUI Desa, Karang Taruna dan juga Kader PKK.

Melalui MUI, dan para imam masjid mengajak para warga untuk melakukan suatu kegiatan keagamaan dan tidak dilarangnya para orang tua untuk membawa anak-anaknya ke masjid.

"Kami tidak melarang, karena mental keagamaan itu harus ditanamkan sejak kecil sehingga kedepan atau mereka sudah dewasa minimalnya mempunyai akhlak atau basik keagamaan yang kuat" ucap Juhana

Begitupun dengan kader PKK, dalam menjalankan programnya para kader selalu memberikan bimbingan kepada para ibu-ibu dengan memberikan pembekalan sehingga mengajak para orang tua untuk selalu memantau anak-anaknya atau para remaja di luar rumah.

Diterangkannya pula, hal sama-pun dilakukan oleh Karang Taruna Jalaksana yang selalu berkontribusi dalam memberikan kegiatan positif dan para linmas yang selalu memantau situasi dan kondisi di lapangan baik dari adanya pendatang yang masuk ke daerah kita atau berdomisili disini.

"Wilayah desa Jalaksana sangat luas, banyak pendatang yang kost di sini, sehingga perlu pengawasan dari pemerintah desa, melalui linmas bekerja sama dengan karang taruna selalu aktif memantau kegiatan para pendatang " ujarnya.

Walaupun belum ada hasil yang maksimal, tapi kami pihak desa terus menggalakan dan terus berusaha kearah yang lebih baik dengan mengevaluasi kegiatan keagamaan persemesternya. Pungkasnya

.Iwan