Jelang Nataru Satgas Kamtib Razia Kamar Hunian


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Jelang Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Satgas Kamtib Lapas Banjar melaksanakan deteksi dini gangguan Kamtib guna meningkatkan kewaspadaan keamanan dan ketertiban melalui kegiatan penggeledahan kamar hunian warga binaan, Jumat 17 Desember 2021.

Kegiatan yang dimulai pukul 19.00 Wib ini, sebagai langkah progresif yang dilakukan dalam mewujudkan Lapas Banjar Getting To Zero HALINAR (Handphone, Pungutan Liar, Narkoba).

Secara teknis pelaksanaan kegiatan dipimpin langsung oleh Ka.KPLP R.Arif Hermawan dengan jumlah personil 15 orang pegawai, menyisir bagian – bagian kamar hunian dan lingkungan blok hunian.

Pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penularan Covid-19. Target dan sasaran penggeledahan antara lain alat komunikasi / handphone, senjata tajam, narkoba serta pemeriksaan instalasi kelistrikan ilegal ke kamar hunian. 

Ka. KPLP R.Arif Hermawan menuturkan hasil pelaksanaan kegiatan penggeledahan yang kami temukan antara lain berupa berbagai potongan kabel listrik, benda – benda tajam seperti paku, kawat, potongan kaca dan gelas kaca. Temuan hasil penggeledahan tersebut dicatat, kemudian disita untuk dimusnahkan. Disamping melaksanakan penggeledahan, kami memeriksa bagian – bagian sarana berupa jeruji, gembok dan atap guna mengecek kelayakan dan dipastikan dalam kondisi baik.

Kalapas Banjar Muhammad Maulana mengungkapkan bahwa Keberhasilan Pemasyarakatan tidak terlepas dari 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju yakni Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, dan Sinergitas Dengan Aparat Penegak Hukum (APH). 


Kegiatan penggeledahan ini, sebagai salah satu upaya dalam melakukan deteksi dini khususnya dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 juga upaya kami dalam melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan

Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta mewujudkan Lapas Kelas IIB Banjar./Tema